Klub Jatim diuntungkan laga kandang

Jum'at, 04 Januari 2013 - 15:28 WIB
Klub Jatim diuntungkan laga kandang
Klub Jatim diuntungkan laga kandang
A A A
Sindonews.com - Perhelatan Indonesia Super League (ISL) digeber pekan depan. Klub-klub dari Jawa Timur hampir semuanya mendapat keuntungan sebagai tuan rumah di laga pembuka, kecuali Persepam Madura United (P-MU) yang harus keluar kandang terlebih dulu.

Persepam harus menyambangi kandang Persela Lamongan di Stadion Surajaya pada 16 Januari mendatang. Ini bakal menjadi laga derby Jawa Timur tercepat, karena sebelumnya tak pernah ada pertemuan dua dari provinsi ini di pertandingan perdana.

Sedangkan klub lain yakni Arema Cronous, Persegres Gresik, serta Persela berstatus tuan rumah di laga perdana. Arema bakal menyambut Persidafon Dafonsoro pada 9 Januari, sementara Persegres juga menjamu klub asal Papua Persiram Raja Ampat pada 8 Januari.

Baik Arema, Persegres maupun Persela merasa mendapat keuntungan karena berlaga di depan publik di pembuka musim. Pelatih Persegres Suharno menyatakan laga perdana di kandang bisa mengurangi demam panggung pemain, dibanding laga luar kandang.

"Tekanan tak begitu besar, asal tidak nervous. Pertandingan pertama juga bisa dibilang coba-coba karena belum tentu sama dengan pertandingan pramusim. Jadi pertandingan pertama harus kami manfaatkan sebaik mungkin untuk meraih angka penuh agar beban agak ringan di laga selanjutnya," beber Suharno, Jumat (4/1).

Walau Persegres gagal melakukan uji coba kontra klub berbobot di pekan-pekan terakhir sebelum ISL, Suharno mengaku tak terlalu risau. Dirinya juga tidak terlalu gelisah melihat fakta gagalnya Persegres merekrut bek Supriono dari Persisam Samarinda.

"Saya yakin minggu depan sudah siap tempur. Saya ingin tim langsung tancap gas dan tidak kenal grogi di pertandingan pertama. Apalagi nantinya dapat dukungan luar biasa dari suporter," ungkap pelatih yang selalu menghiasi kepalanya dengan topi ini.

Persela juga merasakan hal serupa. Walau hanya berbekal juara Piala Gubernur, ekspektasi manajemen maupun suporter sangat besar kala meladeni Persepam. Secara teknis tuan rumah memang lebih unggul dibanding calon tamu. Tapi itu belum menjadi garansi kemenangan.

Apalagi Persela baru menjanjikan di dua laga lawan Deltras Sidoarjo dan Arema Cronous di ajang Piala Gubernur. "Kami jelas lebih suka bermain di kandang pada pertandingan pertama. Tim masih adaptasi dan butuh motivasi dari suporter saat bertanding di kompetisi sesungguhnya," ujar Asisten Manajer Persela Yuhronur Efendi.

Yuhronur meminta laga pertama nanti dihiasi dengan kemenangan agar konfidensi tim lebih bagus di laga berikutnya. Melihat grafik prestasi tim belakangan ini, dia optimistis Gustavo Lopez dkk bisa menjawab harapan LA Mania di Stadion Surajaya.

Sementara, nasib kurang bagus justru dialami klub debutan Persepam Madura United. Di saat kekuatan belum benar-benar mapan, mereka harus memulai musim dengan berkunjung ke Lamongan. Ujian tak ringan bagi pelatih anyar Daniel Roekito.

Walau begitu, Daniel masih mempunyai waktu sekitar dua pekan untuk membenahi timnya, terutama persiapan menghadapi Persela. Indrianto Nugroho dkk secara mental sedang sangat tidak bagus karena tidak pernah memenangi laga pramusim
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5952 seconds (0.1#10.140)