Curah hujan tinggi, rawan gelar latihan di Karebosi

Rabu, 09 Januari 2013 - 22:19 WIB
Curah hujan tinggi, rawan gelar latihan di Karebosi
Curah hujan tinggi, rawan gelar latihan di Karebosi
A A A
Sindonews.com - Curah hujan cukup tinggi yang mengguyur Makassar beberapa pekan terakhir ini, mulai mengganggu persiapan tim PSM Makassar menghadapi Indonesian Premier League (IPL) musim 2012/2013.

Ada dua tempat latihan yang rutin digunakan PSM Makassar yakni Lapangan Karebosi serta Stadion Andi Mattalatta. Namun, dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi seperti saat ini, lapangan tersebut kerap tergenang air hujan.

Khusus stadion, sistem drainasenya sedikit lebih baik. Namun tidak bisa terus menerus digunakan lantaran harus bergantian dengan pengguna lain. ''Sangat rawan menggelar latihan di Karebosi dengan cuaca seperti ini,” ucap Asisten Pelatih PSM Imran Amirullah.

Kemungkinan pemain menderita cedera berat atau ringan, sangat mungkin terjadi. “Kondisi lapangan yang becek dan licin, sangat rawan untuk digunakan latihan,” paparnya.

Tingginya curah hujan di Makassar juga bisa berdampak pada kesehatan pemain terutama demam dan penyakit lainnya. ''Tidak terkontrolnya pola tidur dan makan, tanpa suplemen dan vitamin yang disediakan klub, menjadi pemicu lemahnya fisik pemain,” ucapnya.

Alternatif yang cukup baik adalah fitnes. Ini dilakukan untuk menjaga kondisi fisik pemain tetap stabil. “Paling tidak, latihan tetap berjalan dan fisik pemain juga tidak drop,” katanya.

Imran mengatakan, di sisa waktu kurang lebih satu bulan sebelum kompetisi IPL bergulir, sangat penting untuk menjaga fisik pemain tetap stabil. ''Sangat menghawatirkan jika fisik pemain tidak merata sedangkan waktu sudah semakin sempit,” jelasnya.

Kekhawatiran Imran cukup beralasan. Karena kurang lebih tiga bulan PSM tidak berlatih secara rutin. Untuk menjaga kondisi, pemain hanya berlatih sendiri tanpa ada kontrol dari pelatih.

Bahkan ada beberapa di antara pemain, mengikuti turnamen amatir yang program latihannya tidak terkontrol dengan baik. ''Seorang pemain profesional tidak menjalani program latihan rutin bisa pengaruhi fisik,”jelasnya.

Imran tidak menjamin kondisi fisik pemain bisa pulih 100% dengan waktu yang sempit seperti ini. Namun menurutnya, pelatih akan tetap berupaya melakukan persiapan. ''Pelatih berusaha melakukan yang terbaik walaupun dengan kondisi seadanya,” pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7691 seconds (0.1#10.140)