Pesona Aldo-El Loco

Rabu, 16 Januari 2013 - 23:56 WIB
Pesona Aldo-El Loco
Pesona Aldo-El Loco
A A A
Sindonews.com —Dua pertandingan kandang Indonesia Super League (ISL) telah dilalui dengan sempurna oleh Persegres Gresik dan Arema Cronous. Untuk sementara keduanya menjawab prediksi bakal langsung mengorbit di awal musim. Salah satunya karena belanja yang lumayan agresif di pra musim lalu.

Tapi ada yang paling menyita perhatian di lapangan dari kedua klub ini, yakni penampilan pemain anyar mereka. Siapa lagi kalau bukan dua striker, Aldo Baretto (Persegres Gresik) dan Christian 'El Loco' Gonzales (Arema Cronous). Kontribusi memukau telah ditunjukkan keduanya di dua laga awal.

Baik Aldo dan El Loco telah menunjukkan produktifitas secara beruntun di dua pertandingan. El Loco telah menciptakan empat gol untuk Arema Cronous, sedangkan Aldo dua gol. Mungkin Aldo baru mencetak du gol dan masih di bawah pemain naturalisasi itu, namun golnya sangat krusial bagi Persegres.

Lebih penting lagi, keduanya juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk menjebol jala lawan. El Loco bahkan sudah mencetak hattrick di laga perdananya. Bahkan top scorer ISL musim lalu Alberto 'Beto' Goncalves saja masih kesulitan menemukan insting terbaiknya.

Apa yang ditunjukkan El Loco pantas membuat Persegres tersenyum getir. Bagaimana tidak, pada bursa transfer lalu striker kelahiran Uruguay ini nyaris berkostum Laskar Joko Samudro. Bisa dibayangkan bagaimana jika El Loco saat itu resmi bergabung dengan Persegres dan berduat dengan Aldo Baretto.

“Kedua striker ini sangat berpengalaman di kompetisi Indonesia. Seukuran pemain asing, mereka juga mempunyai kualitas bagus, matang dan mental yang stabil. Saya memprediksi apa yang mereka tunjukkan akan bisa terus berlanjut dan memberikan nilai positif bagi timnya masing-masing,” ujar pengamat sepakbola asal malang Suyitno.

Secara kebetulan, dari apa yang mereka capai sejauh ini, dua striker tersebut sebenarnya memiliki beberapa kesamaan di lapangan. Apa saja?

-Ketenangan

Sebagai seorang target man, ketenangan memang menjadi unsur mutlak. Itu sudah dibuktikan Aldo dan El Loco di dua pertandingan. Area kotak pinalti lawan menjadi wilayah berbahaya jika keduanya ada di sana. Walau sejauh ini grafik penyelesaian peluang belum maksimal, pastinya gol yang diciptakan sudah menjadi jawaban bahwa keduanya layak diposisikan sebagai striker utama di timnya masing-masing.

-Penempatan Posisi

Ini keunggulan utama yang dimiliki Aldo Baretto dan Christian Gonzales. Pada suatu ketika mereka terlihat sebagai striker yang malas berlari. Tapi di lain waktu, keduanya menjadi momok bagi lawan ketika sudah menguasai bola. Gol-gol yang lahir menjadi bukti sempurnanya penempatan posisi Aldo dan El Loco. Tak butuh banyak dribble atau pergerakan, tapi sering berada di posisi sempurna di saat yang tepat. Tak heran jika gol-gol mereka cenderung sederhana.

-Tandukan

Dua gol yang diciptakan Aldo Baretto ke jala Persidafon Dafonsoro dan Persiram Raja Empat semuanya melalui tandukan. Dari Stadion Kanjuruhan, Malang, Christian Gonzales menciptakan dua dari empat golnya juga melalui kepala. Sebuah kesamaan yang menarik. Kepala menjadi senjata yang tak kalah mematikan dibanding kaki mereka. Ketajaman tandukan inilah yang menjadi karakter khas seorang striker yang difungsikan sebagai target man.

-Cepat Beradaptasi

Christian Gonzales bergabung ke Arema Cronous dua pekan sebelum kick off ISL. Nyatanya dia sudah mencetak hattrick di laga perdananya. Aldo Baretto yang bergabung dari Persiba Balikpapan juga menjadi penentu kemenangan timnya di laga pembuka. Dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa keduanya tidak membuang banyak waktu untuk adaptasi dengan klub barunya di kompetisi resmi. Padahal biasanya seorang pemain, apalagi striker, kebanyakan sulit mendulang gol di laga perdana.

-Memiliki 'Pelayan' Mumpuni

Penampilan Aldo dan El Loco tentu tak bisa dipisahkan dari elemen lain di tim yang memberikan assist kepada keduanya. Kebetulan Persegres dan Arema Cronous memiliki skuad yang cukup bagus. Persegres memiliki 'pelayan' striker macam Gustavo Chena dan Siswanto, sedangkan Arema Cronous punya Beto Goncalves, Kayamba Gumbs atau Sunarto yang siap memberikan assist kepada El Loco. Dikelilingi pemain berkualitas tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi dua penyerang itu.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7417 seconds (0.1#10.140)