Salju sapa Inggris, laga Liga Premier terancam batal

Minggu, 20 Januari 2013 - 08:11 WIB
Salju sapa Inggris, laga Liga Premier terancam batal
Salju sapa Inggris, laga Liga Premier terancam batal
A A A
Sindonews.com - Laga liga pemier Inggris yang mempertemukan Manchester United (MU) versus Tottenham Hotspur dan Chelsea kontra Arsenal yang akan bertanding hari ini, memiliki potensi penundaan akibat salju lebat yang menimpa Inggris Raya. Ramalan Badan Meteorologi Inggris Raya menyebutkan salju masih akan melanda dalam beberapa hari ke depan.

Sejauh ini belum ada pengumuman penundaan pertandingan yang melibatkan tim-tim level tertinggi sepak bola Inggris. Penundaan terjadi di level bawah. Sebut saja Millwall-Burnley dan Watford- Huddersfield Town di Championship Division atau Notts County-Sheffield United, Swindon-Shrewsbury, danWalsall- Bournemouth di League One.Begitu pula denganWycombe-Dagenham and Redbridge di Ligue Two. Alasan penundaan sama, yaitu salju tebal menutupi lapangan dan akses ke stadion.

“Kami membutuhkan bantuan banyak orang. Lapangan sebenarnya tidak bermasalah. Hanya, ada salju yang sangat tebal. Jika kami bisa membersihkannya, pertandingan bisa digelar. Itu pun dengan syarat salju tidak turun lagi setelah lapangan dibersihkan,” ujar Pelatih Swindon asal Italia Paolo di Canio, sesaat sebelum pengambilan keputusan penundaan pertandingan melawan Shrewsbury, dikutip Daily Mail.

Fakta menunjukkan, salju yang turun sepanjang pekan ini ternyata tidak hanya mengganggu stadion-stadion tempat pertandingan. Lapangan-lapangan latihan tim kontestan Liga Primer juga tidak luput dari hamparan es. Para pEnggawa Manchester City (Man City), West Ham United, Aston Villa, Queens Park Rangers, Arsenal, Newcastle United, hingga Chelsea pun dipaksa berlatih di atas lapangan es pada Jumat (18/1) atau Sabtu (19/1). Akibatnya, banyak latihan yang tidak berlangsung seusai harapan karena para pemain justru bercanda menggunakan salju.

“Kondisi yang sulit menjadi tempat sempurna bagi para pemain melakukan perang salju.Mario Balotelli terlihat menikmatinya,” tulis Man City,di akun resmi jejaring sosial Twittermiliknya, @MCFC.

Sementara di @whufc_official,West Ham menulis: “James Tomkins dan Mark Noble dengan gagah berani berperang salju dalam temperatur di bawah nol”. Kondisi seperti ini sebenarnya wajar terjadi pada Januari-Februari.

Musim lalu dan musim-musim sebelumnya, sejumlah pertandingan Liga Primer harus ditunda karena cuaca yang sangat ekstrem. Namun, kondisi tahun ini tampaknya jauh lebih baik dari tahun lalu. Terbukti, FA dan Liga Primer belum memutuskan menunda pertandingan di kompetisi level atas Inggris. Semua pertandingan masih dijadwalkan seperti biasa karena tumpukan salju di beberapa stadion Liga Primer telah bisa diatasi.

“Salju terus turun di Goodison Park pagi ini (kemarin). Lapangan tidak masalah, tapi jalanan di luar bersalju. Hati-hatilah berkendara,” pesan Everton kepada fans melalui akun Twitterresmi @Everton. Sementara di @ReadingFC, Reading menulis: “Kami akan terus memonitor cuaca sepanjang pekan ini. Diharapkan fansberhati-hati”.

Kelebihan stadion di Liga Primer dibandingkan liga di divisi yang lebih rendah adalah adanya pemanas di bawah rumput. Pasalnya, FA mewajibkan semua stadion harus memiliki alat yang berfungsi mencairkan salju yang menutupi lapangan. Masalah justru ada di luar stadion. Sebab, dengan jalanan yang tertutup salju, sering kali polisi tidak memberikan izin digelarnya pertandingan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8077 seconds (0.1#10.140)
pixels