Liga Italia terburuk dalam memanfaatkan pemain binaan

Rabu, 23 Januari 2013 - 13:58 WIB
Liga Italia terburuk dalam memanfaatkan pemain binaan
Liga Italia terburuk dalam memanfaatkan pemain binaan
A A A
Sindonews.com – Sebuah laporan dari studi yang dilakukan CIES Football Observatory di Swiss menunjukkan Serie A Liga Italia sebagai kompetisi Eropa paling buruk dalam memanfaatkan pemain-pemain binaan sendiri.

Dilansir bleacher report, hanya 7,8 % pemain yang merumput di Seri A tahun lalu berasal dari pembinaan klub. Ini jauh berbeda dengan La Liga Spanyol dimana 25,6 % pemain yang dibesarkan klub bermain di kompetisi tersebut.

Sedangkan persentase Liga Prancis Ligue 1 tidak jauh berbeda di tahun ini dimana hanya 21,1% pemain dari produk akademi klub lokal. Untuk Liga Inggris, persentase pemain binaan sendiri menurun menjadi 17,5%.

Sementara itu Bundesliga Jerman hanya menempatkan 14,7 % untuk pemain bakat sendiri. Kompetisi Eropa kini sedang dalam tren bergantung pada pemain yang didatangkan dari tempat lain.

Dr Raffaele Poli, kepala studi CIES, dalam siaran pers resmi juga mencatat adanya temuan bahwa klub sepak bola Eropa sekarang lebih bergantung pada pemain impor dari luar negeri daripada sebelumnya.

Laporan CIES juga merinci laporan untuk pemain setiap posisinya. Sebanyak 25,9% kiper berkembang di klub yang membesarkannya, kemudian diikuti bek sebanyak 22,5%, gelandang serang 22,2 %, gelandang bertahan 21,6%.

Untuk posisi bek tengah (18,8 %) dan penyerang (17,4 %), banyak klub Eropa lebih memilih mendatangkan pemain luar.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5700 seconds (0.1#10.140)