Rp7,5 miliar untuk renovasi 'Tambak' Surajaya

Rabu, 23 Januari 2013 - 20:45 WIB
Rp7,5 miliar untuk renovasi Tambak Surajaya
Rp7,5 miliar untuk renovasi 'Tambak' Surajaya
A A A
Sindonews.com - Penikmat kompetisi Indonesia Super League (ISL) di Jawa Timur sudah mengetahui bagaimana kondisi lapangan di Stadion Surajaya, Lamongan, kala diguyur hujan. Kondisi lapangan menjadi sangat buruk karena air menggenang dan membuat permukaan berlumpur.

Sudah beberapa musim terakhir Persela selalui dihantui kondisi lapangan buruk saat musim hujan. Tidak hanya tim lawan yang kesulitan bermain dalam kondisi seperti itu, bahkan Persela yang sudah terbiasa bermain di sana juga sering kerepotan.

Tak heran jika muncul sindiran bahwa lapangan Surajaya mirip tambak ketika terguyur hujan deras. Musim ini kemungkinan bakal menjadi musim terakhir bagi ‘tambak’ Surajaya. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan sudah siap merenovasi stadion berwarna biru laut tersebut.

Sesuai janji Bupati Lamongan Fadeli saat launching tim lalu, Pemkab Lamongan mengucurkan anggaran Rp7,5 miliar untuk renovasi stadion. Objek yang mendapat sentuhan penting adalah rumput lapangan yang dianggap sudah tidak layak.

Pihak Pemkab Lamongan mengakui permukaan lapangan di Stadion Surajaya memiliki drainase yang buruk. Itu membuat air hujan menjadi sulit meresap, menggenang dan merusak permukaan lapangan. Inilah yang bakal mendapat sentuhan total.

''Kami akan mengeruk total lapangan dan menempatkan pipa-pipa di bawah permukaan untuk mempercepat peresapan air. Lapisan tanah di bawah rumput juga akan didesain dengan lapisan khusus yang mempercepat resapan air,” terang Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum PU Cipta Karya Lamongan, Sunasdi.

Dengan desain itu, paling lama empat menis air bisa meresap saat hujan deras. Rumput yang sekarang tumbuh di Stadion Surajaya juga bakal diganti dengan rumput baru. Rumput dari jenis berbeda ini hanya memiliki panjang sekitar 4 cm dan bakal bisa mereduksi kemungkinan cedera pemain akibat terjatuh.

Tak hanya lapangan yang mendapatkan sentuhan, Pemkab Lamongan juga melakukan penambahan tribun penonton dibagian utara dan selatan. Di beberapa tempat juga mendapat perbaikan tempat duduk, dari lapisan beton menjadi kursi.

Papan skor yang masih manual di tribun timur, bakal dirontokkan dan diganti sistem digital. ''Targetnya stadion nanti memenuhi syarat untuk pertandingan nasional maupun internasional. Cuaca juga bukan lagi kendala saat pertandingan,” tandas Sunasdi.

Sebelumnya, saat launching tim Persela 13 Januari lalu, Bupati Lamongan Fadeli mengatakan perombakan stadion sudah menjadi agenda wajib tahun ini. Itu tak lepas dari perkembangan prestasi Persela yang mulai menanjak pada musim-musim terakhir.

''Seiring meningkatnya prestasi Persela, fasilitas juga harus mendapat perhatian. Semoga itu akan menjadi faktor pendukung agar Persela lebih baik lagi ke depan,” cetusnya kala itu.

Persela sendiri telah mengawali ISL 2012-2013 dengan impresif setelah mengalahkan Persepam Madura United 4-0.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8963 seconds (0.1#10.140)