Statistik memihak Maung Bandung

Rabu, 30 Januari 2013 - 15:36 WIB
Statistik memihak Maung Bandung
Statistik memihak Maung Bandung
A A A
Sindonews.com - Optimisme penggawa Persib Bandung membuncah saat melakoni laga tandang perdana musim ini. Keyakinan itu didasari sukses Skuad Maung Bandung yang pernah dua kali membuat Persiram Raja Ampat tersungkur. Ya, Firman Utina dkk ingin kembali mengulangi memori manis itu saat kedua tim bersua di Stadion Wombik, Sorong, Kamis (31/1).

Laga yang rencananya digelar pukul 15.30 WIT atau sekitar pukul 13.30 WIB tersebut, menyisakan pertanyaan. Mampukah Maung Bandung mematahkan keraguan banyak pihak? Pertanyaan tersebut bisa membuat pengamat dan Bobotoh bermain di wilayah imajinasi.

Hitungan kekuatan, Persib lebih diunggulkan. Tapi kenyataannya, Persib selama ini seringkali terjungkal dalam posisi lebih diunggulkan. Musim lalu, Maung Bandung sempat membuat Bobotoh terkejut karena menelan kekalahan telak 0-3 dari klub terlemah, PSAP Sigli.

Lalu kalah 2-3 dari PSMS Medan. Kedua tim tersebut seperti diketahui akhirnya terjerembab ke Divisi Utama Liga Indonesia. Semua itu adalah statistik dan bukanlah kebetulan karena kejadiannya terus berulang kali. Sehingga wajar jika keraguan langsung dialamatkan setiap Persib melakoni laga tandang.

Singkat kata, cara terbaik yang bisa dilakukan Firman Utina dan kawan-kawan untuk menghapus keraguan adalah dengan memenangkan dua pertandingan tandang di Papua. Termasuk saat mesambangi kandang Persidafon Dafonsoro, Senin (4/2) nanti.

"Saya tak ingin para pemain memiliki perasaan yang terlalu membebani mereka. Mereka tak boleh berpikiran terlalu sulit memenangkan pertandingan di luar kandang. Pada dasarnya bermain di kandang sendiri atau tandang itu sama saja. Jika kita bisa mengesempingkan perasaan miris, saya kira hasilnya bisa maksimal," tutur Djanur.

Bermodal kemenangan 4-2 atas Persiwa Wamena pada laga sebelumnya. Para punggawa Persib menatap optimis laga tandang kali ini. "Kita memiliki persiapan yang cukup baik sejak pra musim dan mudah-mudahan bisa mendapatkan hasil terbaik lagi seperti musim lalu," tutur Airlangga Sucipto.

Tuan rumah Persiram, tampak ingin memaksimalkan keuntungan sebagai tuan rumah. Dewa Laut siap bermain habis-habisan untuk bisa meraih tiga poin penuh pertama setelah di dua laga sebelumnya menelan kekalahan dari Gresik United dan Arema Indonesia.

"Laga tandang pertama memberikan motivasi lebih dan tersendiri kepada pemain. Mereka cukup bersemangat untuk meraih kemenangan pertama musim ini. Manajemen membebankan target menang dan kita sudah tanya kepada pemain, mereka sudah jawab dan sanggup memenangkan pertandingan. Tanpa harus melihat siapa pun lawannya," ujar Manajer Persiram, Henry Wairara.

Perkiraan Pemain:

Persiram Raja Ampat

Jendry Pitoy (kiper) ; Seme Pierre Patrick, Kubay Quaiyan, Markus Kabiay, Ronny E Beroparay ; David Uron, Moses Banggo, Lee Soung Yong ; Jerry Boima Karpeh, James Koko Lomell, Steven Anderson Imbiri.
Pelatih : Jaya Hartono

Persib Bandung (4-4-2)

I Made Wirawan (kiper) ; Naser Al Sebai, Abanda Herman, Tony Sucipto, Supardi ; Hariono, Firman Utina, Atep, M. Ridwan ; Kenji Adachihara, Herman Dzumafo.
Pelatih : Djadjang Nurdjaman

Head to Head

03/12/2011 Persib vs Persiram 3-2

05/07/2012 Persiram vs Persib 1-2
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6134 seconds (0.1#10.140)