Klub Inggris habiskan Rp1,8 Triliun

Jum'at, 01 Februari 2013 - 20:01 WIB
Klub Inggris habiskan Rp1,8 Triliun
Klub Inggris habiskan Rp1,8 Triliun
A A A
Sindonews.com - Pengeluaran klub-klub Liga Inggris di bursa transfer Januari ini mencapai 120 juta poundsterling (setara Rp1,8 triliun). Jumlah ini naik dua kali lipat dari tahun lalu.
Bursa transfer di Liga Inggris resmi di tutup pada Kamis (31/1) waktu setempat. Sejumlah pemain incaran pun sudah di dapat beberapa klub, seperti Demba Ba yang resmi ke Chelsea, Daniel Sturridge ke Liverpool serta kepindahan Mario Balotell dari Manchester City ke AC Milan.
Berdasarkan hasil survey Deloitte, ada tiga klub yang melakukan pembelian besar-besaran, yakni QPR, Liverpool, dan Newcastle United. Mereka mengeluarkan dana yang lebih banyak dibandingkan saat menggelontorkan uang untuk biaya transfer di awal musim.
Besarnya jumlah pengeluaran klub dalam bursa transfer Januari ini, karena adanya rencana naiknya hak siar. Musim depan, setiap klub Liga Inggris akan mendapatkan hak siar mulai 20 juta poundsterling (setara Rp307 miliar) hingga 30 juta poundsterling (setara Rp461 miliar).
Pada tahun lalu, jumlah pengeluaran klub-klub Liga Inggris di bursa transfer Januari hanya 60 juta poundsterling (setara Rp920 miliar), masih kalah jauh dari rekor 2011 yang mencapai 225 juta poundsterling (setara Rp3,4 triliun).
"Klub-klub masih dapat mengendalikan pengeluaran mereka dalam belanja pemain, meskipun terlepas dari rencana kenaikan hak siar musim depan. Saat ini klub masuk pada fase pelaporan guna penilaian pertama regulasi Financial Fair Play UEFA," ujar perwakilan Deloitte, Dan Jones
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5547 seconds (0.1#10.140)