Bepe: Pecat Iwan bukan solusi cerdas

Jum'at, 22 Februari 2013 - 19:42 WIB
Bepe: Pecat Iwan bukan...
Bepe: Pecat Iwan bukan solusi cerdas
A A A
Sindonews.com - Sosok Bambang "Bepe" Pamungkas tetap dinilai sebagai sosok panutan Persija Jakarta. Yang terbaru, Bepe akhirnya angkat bicara soal banyaknya gonjang-ganjing di tubuh Macan Kemayoran.

Dalam blog pribadinya, Bambang Pamungkas 20, Bepe menuliskan banyak hal mengenai anjloknya prestasi Persija dalam tulisan berjudul "Haruskah #IwanOut?". Jelas, dari judul yang diambilnya, pemain yang tiga kali keluar masuk berseragam orange Persija tersebut pada periode 1999-2000, 2000-2005, 2007-2012 coba menyoroti soal berkembangnya isu pencopotan juru taktik Persija Iwan Setiawan.

Dari tulisan yang dibuatnya, dukungan penuh terhadap kinerja Iwan disampaikan pemain berusia 32 tahun tersebut. Menurut Bepe, dalam kondisi keuangan manajemen seperti saat ini cukup sulit menuntut prestasi bagus untuk pelatih manapun.

"Bagi saya pribadi, memecat pelatih bukanlah sebuah solusi cerdas dari permasalahan yang menimpa Persija Jakarta. Di belahan dunia mana pun, dalam kondisi tim yang sedang terpuruk seperti ini, pergantian pelatih adalah hal yang wajar dilakukan oleh sebuah klub," tulis Bepe.

"Akan tetapi dalam kondisi tim yang masih mengalami krisis keuangan seperti saat ini, melengserkan seorang pelatih dan menggantinya dengan yang baru, bukanlah solusi yang rasional. Karena hal tersebut malah akan menambah permasalahan di dalam tim itu sendiri," sambungnya.

Walau cendrung tetap memberikan dukungan kepada mantan pelatih Persikabo Bogor dan Persiraja Banda Aceh tersebut, kinerja Iwan tetap dikritisinya pemain yang menjadi kapten tim nasional (timnas) Indonesia diajang Piala AFF 2012 tersebut. Iwan yang kerap menembak pemainnya ketika membuat kesalahan disebuah pertandingan.

"Coach Iwan Setiawan harus mulai berhenti untuk menguliti para punggawanya sendiri di depan publik. Mengkritik pemain yang kebetulan tidak tampil maksimal secara terbuka di depan media, hanya akan menambah kusut permasalahan di dalam tim. Menyalahkan pemain saat tim tidak tampil baik dan mengalami kekalahan, jelas bukan hal yang bijaksana," jelas pemain yang sempat memperkuat Selangor FC tersebut.

Dengan hasil tersebut, sosok Iwan memang sedang dalam perhatian khusus banyak pihak. Hasil buruk yang didapat Macan Kemayoran di tujuh laga awal kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim kompetisi 2012/2013, menempatkan Persija diposisi juru kunci klasemen sementara. Berbagai kabar pencopotan pun menyeruak. Dan nama Luciano Leandro yang juga leganda Persija, sering digadang-gadang menjadi suksesor Iwan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)