PSM jaga nama besar !

Selasa, 05 Maret 2013 - 16:40 WIB
PSM jaga nama besar...
PSM jaga nama besar !
A A A
Sindonews.com - PSM Makassar merupakan salah satu tim tradisional dan berpengalaman di kompetisi sepakbola profesional Indonesia. Dengan label itu, seharusnya klub berusia 97 ini bisa lebih cepat bangkit dari keterpurukkan.

Perjalanan PSM diawal kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim 2012/2013, memang cukup berat. Dari dua kali laga yang sudah dijalani, hasilnya negatif.

Saat menghadapi tim debutan Perseman Manokwari, pasukan Juku Eja takluk dengan skor 1-0. Bertemu tim Persibo Bojenegoro, juga kalah dengan skor 2-0.

Pada pertandingan ketiga menghadapi Persepar Palangkaraya Kamis (7/3) besok, PSM sudah harus bangkit agar pulang ke Makassar tidak dengan kepala tertunduk.

Ini memang tugas berat untuk Pelatih PSM Petar Segrt bersama asistennya Imran Amirullah. Keduanya harus mencari komposisi tim ideal termasuk taktik dan strategi yang mumpuni untuk menaklukan klub berjuluk Laskar Isen Mulang ini.

Jelang away ketiga, Pelatih PSM Petar Segrt mulai mencari komposisi tim, termasuk taktik dan strategi yang digunakan tim asal Kalimanten Tengah (Kalteng) ini. “Tentunya yang paling penting adalah komposisi pemain termasuk taktik dan strateginya,” jelas Asisten PSM Imran Amirullah.

Namun saat disinggung strategi apa yang bakal digunakan PSM dilaga ketiga nanti, Imran enggan memberikan bocoran. Dia hanya mengatakan, kemungkinan akan ada beberapa perubahan.

Soal komposisi pemain yang akan diturunkan juga masih samar-sama. Sebelumnya dikabarkan, Petar akan melakukan rotasi disejumlah posisi. Langkah ini ditempuh lantaran belum maksimalnya performa Syamsul Chaeruddin dkk didua laga.

Imran mengatakan, saat ini PSM akan fokus menghadapi laga ketiga nanti. Menurutnya, tidak ada pilihan lain kecuali menang. “PSM membutuhkan kemenangan sebelum pulang ke Makassar. Kami fokus menghadapi pertandingan ini,” jelasnya.

Mantan Asisten Manager Teknik PSM Yopie Lumeindong sudah memprediksi kalau laga awal akan PSM di IPL akan sangat sulit. “Persiapannya hanya sekitar dua bulan lebih. Dengan waktu sesingkat itu, rasanya sulit mencari komposisi tim ideal,” katanya.

Kedua menurut mantan pemain PSM ini, tidak ada penyegaran dalam tim. Skuad saat ini, merupakan wajah-wajah lama. Kalaupun bergabung pemain baru, bukan berlabel pemain berkualitas.

Idealnya, PSM harus punya 11 pemain berpengalaman dan berkualitas. Kemudian dikombinasikan beberapa legium asing yang juga punya kemampuan di atas rata-rata.

Sebab menurut dia, walaupun tim IPL lainnya disiapkan dengan waktu yang singat singkat, bukan berarti tidak melakukan perubahan. “Tentunya tim IPL lainnya tidak mau malu dan menyiapkan tim seadanya,” jelasnya.

Hanya lagi-lagi menurut Yopie, mendatangkan beberapa pemain asing berpengalaman termasuk pemain nasional terbaik, membutuhkan dana yang cukup besar dan akan menguras keuangan klub.

Dia berharap, musim ini paling tidak PSM bisa bertahan di lima besar klasmen. Dan terburuknya adalah tidak terpuruk dan keluar dari 10 besar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0707 seconds (0.1#10.140)