PSM siapkan skema kejutan

Rabu, 06 Maret 2013 - 15:34 WIB
PSM siapkan skema kejutan
PSM siapkan skema kejutan
A A A
Sindonews.com - PSM Makassar kembali menjalani away ketiga di Indonesian Premier League (IPL) 2012/2013 kontra Persepar Palangkara pada Kamis (7/3). Dilaga ini Pelatih Tim Juku Eja Petar Segrt, akan menyiapkan skema kejutan.

Dilaga sebelumnya kontra Perseman Manokwari, Petar menggunakan pola 4-1-3-2. Kemudian, saat menghadapi Persibo Bojonegoro, peracik strategi asal Kroasia tersebut, menggunakan pola 4-4-2. Hasilnya tidak begitu maksimal.

Dilaga ketiga menghadapi Persepar Palangkaraya di Stadion Tuah Pahoe hari ini, kemungkinan akan ada sejumlah perubahan yang dilakukan Petar. Pertama, adalah rotasi pemain dan kedua bakal ada perubahan formasi. Rotasi pemain dilakukan lantaran wing bek kanan PSM yakni Hendra Wijaya tidak bisa dimainkan akibat terkena kartu merah di laga sebelumnya.

Kabarnya, posisi itu akan diisi Muhammad Kaharuddin, Aswar atau Syarifuddin Tahar. Namun kemungkinan Kahar akan menjadi pilihan Petar. Walaupun ini bukan posisi aslinya, namun diperkirakan Petar ingin mengoptimalkan skill menyerang Kahar sebagai wing bek.

Sedangkan win bek kiri, Satrio Syam juga tidak akan diturunkan akibat cedera paha yang cukup parah saat menghadapi Persibo Bojonegoro. Kemungkinan, Rasul Zainuddin Sitaba akan menjadi pilihan Petar.

Lini belakang, sepertinya masih akan diisi wajah-wajah lama yakni Cristian Febre dan I Ketut Mahendra. Sedangkan penjaga gawang, bisa jadi yang dimainkan adalah I Ngurah Komang Arya Perdana.

Kiper utama yakni Denny Marcel akan kemungkinan bakal diberi izin untuk mengikuti pelatnas timnas. Lini depan masih tanda tanya. Sebelumnya Petar menduetkan Ilija Spasotijevic dan Andi Oddang.

Namun bisa jadi pada laga kali ini, Petar akan memasukkan tiga striker yakni Mirko Spasojevic. Skenarionya adalah, pria asal Montenegro ini ditarik agak ke belakang, namun sedikit di atas gelandang.

Sedangkan di tengah, kemungkinan ditempatkan Rasyid Bakrie, Syamsul Chaeruddin dan Kurniawan. Bisa jadi, PSM akan main menyerang dengan menggunakan pola 4-3-3 dilaga away ketiga ini.

Dengan pola ini diharapkan Mirko akan bertarung untuk memenangkan duel bola – bola atas. “Perubahan dilakukan karena memang ada beberapa pemain yang cedera termasuk hasil eveluasi dilaga sebelumnya,” kata Petar.

Menurutnya, saat ini anak-anak asuhnya fokus menghadapi laga ketiga ini. Diharapkan, PSM bisa membawa pulang poin maksimal dari Palangkaraya. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memetik poin. Pemain juga sangat siap untuk menghadapi pertandingan nanti,” ucapnya.

Menghadapi Persepar, PSM nampaknya juga harus hati-hati. Walaupun sebagai tim promosi, namun klub asal Kalimantan Tengah (Kalteng ) ini diisi beberapa pemain berpengalaman.

Misalnya di lini tengah, Laskar Isen Mulang julukan Persepar punya Bima Sakti. Selain itu, punggawa timnas yakni Oktovianus Maniani juga wajib diwaspadai karena mobilitasnya yang cukup baik.

Diposisi gelandang bertahan, Persepar punya legium asing yakni Stanislav Zhekov, mantan pemain Sriwijaya FC Wijay. Satu pemainnya lainnya adalah Abdul “Abanda” Rahman eks PSM junior.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5697 seconds (0.1#10.140)