Antisipasi cedera, PSM tes kesehatan 32 penggawa

Kamis, 14 Maret 2013 - 17:49 WIB
Antisipasi cedera, PSM...
Antisipasi cedera, PSM tes kesehatan 32 penggawa
A A A
Sindonews.com - PSM Makassar akan melakukan tes kesehatan untuk 32 pemainnya. Langkah ini dilakukan untuk mengantisiapsi kemungkinan terburuk dari cedera berkepanjangan.
Persoalan cedera pemain memang sangat mengganggu persiapan PSM dalam menjalani kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim 2012/2013. Terbukti, sepanjang Desember 2012 hingga awal Januari 2013, sekitar 11 pemain PSM dihantam cedera walaupun kemudian sembilan di antaranya bisa pulih dalam beberapa hari.

Kondisi terburuk dialami Rahmat Leo yang berposisi sebagai striker, termasuk gelandang PSM Fadlly Manna. Dua pemain ini, harus istrahat cukup lama akibat cedera maniscus.

Fisioterapis PSM Emmanuel Maulang mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk cedera akan diderita pemain lain, dalam waktu dekat ini akan dilakukan tes kesehatan. Menurutnya, kepastian digelarnya tes kesehatan, tinggal menunggu persetujuan dari manajemen PSM. ''Suratnya sudah kami kirim ke manajemen dan tinggal menunggu jawaban waktu tesnya,” ucapnya.

Rencananya, tes kesehatan tersebut akan bekerja sama dengan KONI Sulawesi Selatan (Sulsel). “Kami juga sudah berkoordinasi dengan KONI. Hanya waktunya masih belum pasti namun diusahakan sebelum pertandingan home,” ucapnya.

Tes yang akan dilakukan nanti mencakup kelenturan, massa otot, kardiovaskular, kecepatan, dan kekuatan. Rencananya, tes akan berlangsung selama tiga hari. Tahap pertama tes ditujukan untuk beberapa pemain yang berpotensi terkena cedera atau menderita cedera bawaan. Kemudian, giliran punggawa PSM yang belum punya riwayat cedera.

Emmanuel berharap dengan jelasnya kondisi pemain, program terapi akan lebih mudah dilakukan. “Kalau kondisi kesehatannya terpantau, tentu program terapinya juga akan lebih mudah,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu pemain PSM yang terkena cedera cukup parah yakni Fadly Manna mulai mengikuti latihan rutin bersama rekan-rekannya. Namun terlihat masih ragu-ragu saat berduel dengan pemain lain.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8182 seconds (0.1#10.140)