Ditelikung di lap terakhir, Andra gagal naik podium

Sabtu, 16 Maret 2013 - 16:29 WIB
Ditelikung di lap terakhir, Andra gagal naik podium
Ditelikung di lap terakhir, Andra gagal naik podium
A A A
Sindonews.com – Ambisi Alexandra Asmasoebrata naik podium di seri pertama Asian Formula Renault (AFR) 2013 di Zhuhai International Circuite, China gagal tercapai. Pembalap kelahiran 23 Mei 1988 itu harus puasfinishdi peringkat 4 dengan catatan waktu 1:39.865.

Posisi pertama diraih Shigetomo Shimono (Buzz Racing) dengan catatan waktu terbaik 1.38.139, posisi kedua ditempati Julio Acosta (Champ Motorsport) setelah memiliki waktu tercepat 1:38.174. Sedangkan peringkat tiga menjadi milik Yuki Sirashi (Buzz Racing) 1:39.673.

“Sebenarnya tadi sudah lumayan bagus. Tapi, tadi hanya kurangpushsehingga digeser di lap terakhir,” kata Andra setelah balapan.

Mengawalistartdari posisi lima, pembalap yang biasa disapa Andra itu sempat memiliki harapan besar naik ke podium. Setelah pada lap keenam sampai 8, Andra menempati peringkat 3 di bawah Shigetomo dan Acosta.

Sayang, di pertengahan lap kesembilan, Yuki yang mulai daristartpaling buncit (22) berhasil menggambil posisi Andra di peringkat tiga. Yuki menggeser Andra setelah sukses mencatat waktu terbaik 1:37.296 satu lap sebelumfinish.

“Sekarang tinggal fokus pada besok saat seri kedua. Semoga hasilnya lebih baik lagi,” tambah Andra.

Kerbahasilan Yuki naik ke podium ini jelas luar biasa. Selain memulai dari start paling akhir, dia juga mendapat tekanan mental karena saat dilakukan pemeriksaan secara acak, tunggangan Yuki ternyata dianggap melanggar regulasi yang diterapkan panitia.

Imbasnya, Yuki yang sempat menempati posisi pertama di kualifikasi dengan catatan waktu 1.35.586 harus dicoret dan memulai di posisi terakhir. “Ada beberapa item yang dilanggar oleh tim mekanik Yuki,” terang Manajer Manajer Tim Alexandra Pertamina Racing Team (APRT) HMAS Alex Asmasoebrata.

Alex sendiri tidak terlalu kecewa dengan hasil tersebut. Alasannya persiapan yang dilakukan Andra terbilang sangat mepet.

“Praktis hanya sekali Andra bisa mencoba mobil di sesi yang disediakan panitia, yaitu Jumat. Selasa mobil baru dirangkai ulang, Rabu dicoba sama mekanik dan tim, sedangkan Kamis hujan sehingga tidak bisa latihan maksimal. Akibatnya, mobil belum sempat di dyno," terang Alex.

Di kualifikasi, Andra menempati peringkat 6 dengan catatan waktu 1.38.306. “Ini yang membuat kami optimistis, karena ada peningkatan,” tambah Alex. “Setidaknya sudah ada kepercayaan diri pada Andra, karena dia juga sudah lama absen balapan. Karena itu, seri pertama ini bagian dari trail, meski saya tetap melihat ada peluang meraih hasil terbaik,” pungkas Alex.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7990 seconds (0.1#10.140)