Bimasakti nyaris tergelincir

Sabtu, 30 Maret 2013 - 17:53 WIB
Bimasakti nyaris tergelincir
Bimasakti nyaris tergelincir
A A A
Sindonews.com - Perjuangan ekstra keras harus dilakukan Bimasakti Nikko Steel Malang saat melakoni laga di hari pertama Speedy National Basketball League (NBL) seri V Bali di GOR Purna Krida Krobokan, Badung, Sabtu (30/3). Menghadapi Tonga BSC Jakarta, Bima Rizky dan kawan-kawan nyaris menelan kekalahan. Bimasakti baru berhasil menjaga keunggulan beberapa detik menjelang laga berakhir. Bimasakti akhirnya menang tipis 75-68.

Kemenangan itu sangat dibutuhkan Bimasakti untuk tetap berada di zona Championship Series. Dengan tekanan yang begitu besar, Bima Rizky dkk tampil penuh hati-hati. Tonga BSC yang menghuni papan bawah klasemen sementara memberi perlawanan mengejutkan di kuarter pertama.

Kecepatan permainan Bimasakti diimbangi dengan permainan yang lebih tenang oleh Tonga BSC. Bola-bola mengalir dengan baik di antara pemain Tonga BSC. Eksekusi dilakukan pada posisi-posisi terbuka untuk melepaskan tembakan. Hasilnya memuaskan. Akurasi Tonga BSC mencapai angka 50 persen. Skor pun imbang 19 sama.

Walau akurasi menurun di kuarter selanjutnya, pertahanan Tonga BSC juga mampu menekan agresifitas Bimasakti. Hanya saja kecepatan guard Heryanto Gunawan selalu menjadi masalah yang sulit dihentikan oleh Tonga BSC. Kombinasi ketajaman dan ketepatan Orlando Uneputty dan Saleh Afriatna membawa Tonga BSC menutup kuarter kedua dengan skor 34-31. Tonga BSC berbalik unggul tiga angka.

Duet mesin poin Bimasakti, Yanuar Priasmoro dan Bima Rizky tampil lebih dominan di kuarter ketiga. Dua pemain ini menjadi tujuan akhir bola-bola Bimasakti sebelum mengarah ke ring Tonga BSC. Situasi pertahanan Tonga BSC yang ketat tidak membuat dua pemain ini mati kutu. Bima dan Yanuar membawa Bimasakti berbalik unggul 54-50 memasuki kuarter terakhir.

Mengandalkan tembakan-tembakan jauh, Tonga BSC mampu menempel ketat Bimasakti hingga detik-detik akhir. Sayang akurasinya menurun menjelang berakhirnya laga. Turunnya akurasi ini diperburuk dengan transisi bertahan yang terlambat. Langkah Bima Rizky lebih cepat dibandingkan koordinasi bertahan Tonga BSC.

Bima Rizky memimpin kemenangan Bimasakti dengan kontribusi 29 poin dan 10 rebound. Ini adalah double-double ke-19 Bima Rizky di pentas NBL Indonesia. Heryanto Gunawan menyusul dengan 15 poin. Sementara dari kubu Tonga BSC, Uneputty terbanyak dengan 15 poin.

”Masih banyak kekurangan, namun yang terpenting kami bisa memetik kemenangan. Hanya kemenangan demi kemenangan lah yang akan menjamin peluang kami lolos Championship Series,” kata Bima Rizky
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1896 seconds (0.1#10.140)