Persija masuk sepuluh besar

Minggu, 02 Juni 2013 - 19:52 WIB
Persija masuk sepuluh besar
Persija masuk sepuluh besar
A A A
Sindonews.com - Persija Jakarta semakin menjauhi zona merah degradasi. Enam pertandingan tanpa kekalahan, membuatPersija bercokol diurutan sepuluh klasemen sementara Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013. Macan Kemayoran, julukan Persija, juga dinilai semakin bertaring.

Persija benar-benar membuktikan jika ingin bangkit. Terpuruk didasar klasemen ISL pada akhir putaran pertama, sedikit demi sedikit secara teratur, Persija mulai berada di zona aman. Kondisi itu dirasakan, setelah di enam laga terakhir belum penah sekalipun menelan kekalahan.

Tren positif Persija dimulai pada laga terakhir putaran pertama kontra Persiba Balikpapan. Dijamu Beruang Madu, julukan Persiba, Persija mampu mengunci tiga angka, lewat kemenangan tipis, 0-1, (28/4). Setelah itu, Persija pun seolah tidak terbendung. Selama putaran kedua berjalan, belum sekalipun Persija tersungkur.

Dan yang teranyar, ketika Ismed Sopyan dkk menggulung Persiwa Wamena tiga gol tanpa balas di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (1/6). Tiga gol Persija yang dicetak Rachmat Affandi, Fabiano Beltrame, dan Emmanuel Kenmogne masing-masing pada menit kesembilan, 68, dan 89, sekalgus menunjukan jika taring Macan Kemayoran tidak lagi tumpul.

Kembali bertajinya lini depan Persija, tentu tidak bisa dipungkiri berkat aksi-aksi pemain anyar. Dan salah satunya lewat aksi gemilang Konmogne. Penyerang berpaspor Belgia itu, seolah menjadi lumbung gol Persija walau penampilannya sendiri masih banyak dinilai belum berada dalam top performa.

Sejauh ini, sudah tiga gol yang disumbangkan penyerang bernomor punggung 58 tersebut. Dan yang menarik, aksi-aksinya dalam memuaskan Benny Dollo sang juru taktik, kerap dilakukannya dari bangku cadangan. Kondisinya yang belum 100 persen fit, membuat Kenmogne sering kali mengawali laga sebagai pemain pengganti.

Seperti yang dilakukan Kenmogne ketika Persija menjamu tim Badai Pegunungan, julukan Persiwa. Kenmogne masuk pada menit ke- 81 menggantikan Rachmat Affandi. Keputusan Bendol, sapaan akrab Benny Dollo, seolah tepat. Karena delapan menit kemudian, Kenmogne menyumbang angka saat menyelesaikan umpan cantik Rohit Chan.

“Kami tidak menurunkan Kenmogne sejak menit awl, karena memang pertimbangan kebugaran sang pemain itu sendiri. Kenmogne sendiri sebenarnya baru menyelesaikan kompetisi diklubnya sebelum Persija, untuk itu sebenarnya dia masih perlu waktu untuk istirahat,” terang asisten pelatih Persija, Blitz Tarigan.

Selain memiliki lini depan yang semakin tajam, lini pertahanan Persija pun terlihat semakin solit pada putaran kedua ISL. Dari lima pertandingan diputaran kedua, Persija baru kebobolan sebiji gol. Dimana gol tersebut diciptakan Rizky Rizal Ripora, saat Persija menjamu Barito Putra di Stadion Manahan, Solo, (15/5).

“Memang lini belakang kami terlihat lebih tenang dan konsisten. Walaupunb sebenarnya, tidak banyak juga tambahan untuk pemain belakang. Tapi saat ini, kami juga memiliki gelandang-gelandang baru yang bisa memberikan rasa aman bagi lini pertahanan. Itu sangat membantu,” jelas Blitz.

Setelah mampu menggulung Persiwa, Persija akan ditantang pimpinan klasemen sementara ISL Persipura Jayapura di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (4/6). Banyak yang menilai, jika laga ini akan menjadi partai pembukti konsistensi tim Macan Kemayoran.

“Tim akan langsung melakukan proses pemulihan kondisi fisik. Karena kami akan menghadapi lawan berat yaitu Persipura. Alasn itu pula, kami menyimpan beberapa pemain agar bisa fit saat menjamu Persipura yang penampilannya sedang bagus-bagusnya,” tutup Blitz..

Enam Pertandingan Persija Tanpa Kekalahan ;

28 April 2013 ; Persiba Balikpapan 0-1 Persija

11 Mei 2013 ; Persija 2-0 Persiba

15 Mei 2013 ; Persija 3-1 Barito Putra

22 Mei 2013 ; Persiram Raja Ampat 0-0 Persija

26 Mei 2013 ; Persidafon Dafonsoro 0-1 Persija

1 Juni 2013 ; Persija 3-0 Persiwa Wamena
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8717 seconds (0.1#10.140)