Froome bantah gunakan doping

Selasa, 16 Juli 2013 - 12:52 WIB
Froome bantah gunakan doping
Froome bantah gunakan doping
A A A
Sindonews.com - Pencapaian yang diukir Chris Froome di Tour de France 2013, ternyata menuai banyak pertanyaan. Dalam beberapa pekan terakhir ini, ada yang menyebut jika pembalap team Sky itu telah mengkonsumsi doping sebelum balapan berlangsung. Namun ia langsung membantahnya usai memperkokoh posisinya usai merebut finish pertama di etape-15, Senin (16/7) dini hari WIB.

Kecurigaan itu muncul ketika Froome tampil luar biasa di etape ke-15 saat dirinya mampu menjelajahi bukit dengan luar biasa. Bahkan ia mampu menjauhi perolehan catatan waktu dari pesaing terdekatnya Alberto Contador.

Seusai balapan itu, Froome mengecam kritik yang selama beberapa pekan terakhir terus menyelimutinya. Ia mengatakan tidak akan pernah mengikuti jejak Lance Armstrong dalam penggunaan doping selama dia mengikuti Kejuaraan sepeda ini.

"Jangan pernah membandingkan saya dengan Armstrong, karena saya bukan pecandu atau pengguna doping. Dan saya tidak akan pernah melakukan tindakan curang," ujar Froome dilansir Sport24, Selasa (16/7/2013).

"Berbicara tentang doping membuat saya sedih, setelah kemenangan terbesar dalam hidup saya. Terus terang, baik saya maupun rekan setim telah menghabiskan berbulan-bulan jauh dari rumah, hanya untuk menghabiskan waktu pada ketinggian. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan fisik sebelum balapan berlangsung. Tapi saat saya sudah memenangkan sesuatu, justru saya mendapatkan tuduhan semacam ini. Jelas itu sangat menyakitkan," sambungnya.

Kendati begitu, pembalap sepeda asal Inggris tersebut tetap memperkokoh posisinya di klasemen umum pembalap sementara dengan catatan keseluruhan 61 jam 11 menit 43 detik. Ia hanya terpaut empat menit 14 detik dari Bauke Mollema yang menempati posisi kedua.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6948 seconds (0.1#10.140)