Buktikan doping, Team Sky berencana undang Wada

Selasa, 16 Juli 2013 - 16:24 WIB
Buktikan doping, Team Sky berencana undang Wada
Buktikan doping, Team Sky berencana undang Wada
A A A
Sindonews.com - Kepala team Sky, Dave Brailsford menanggapi seputar spekulasi yang menyebutkan Chris Froome menggunakan doping selama tampil di Tour de France. Ia mengaku yakin anak asuhnya tersebut tidak terlibat dalam penggunaan zat terlarang tersebut. Pasalnya, setiap pembalap sebelum melakukan perlombaan di sini, mereka harus melewati pengujian kesehatan yang dilakukan oleh Badan Anti Doping Dunia (Wada). Jadi bagaimana mungkin jika Froome terbukti ia diperkenankan ikut dalam Kejuaraan sepeda ini.

Brailsford yakin data biologis yang dimiliki bisa meyakinkan para pengkritik yang selama ini terus menyuarakan kecurigaannya terhadap Froome. Kecurigaan itu muncul ketika Froome tampil luar biasa di etape ke-15 saat dirinya mampu menjelajahi bukit dengan luar biasa. Bahkan ia mampu menjauhi perolehan catatan waktu dari pesaing terdekatnya Alberto Contador.

"Trend terbaru yang bisa membuktikan adalah menganalisis data secara keseluruhan. Hasil itu bisa menjelaskan bahwa kami tidak terlibat dalam penggunaan doping. Orang disekitar kami yang menyebut jika data bisa memberikan bukti, saya tidak begitu yakin," ungkap Brailsford dilansir Super Sport, Selasa (16/7/2013).

"Paspor biologis bukan hanya tentang menganalisis darah. Karena itu juga menjelaskan sifat individu itu sendiri. untuk memastikan ini semua, kami akan mengundang Wada untuk datang dan tinggal bersama kami. Dengan begitu, mereka akan melihat (mencocokkan) semua data kami, memiliki akses untuk setiap file pelatihan, membandingkannya dengan data darah, berat badan, semua info yang mereka dapat sebelumnya," ancamnya.

Balapan berikutnya akan dilanjutkan hari ini, etape-16 nanti tetap menyuguhkan balapan pada medan berbukit mulai dari Vaison hingga ke La-Romaine.
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0162 seconds (0.1#10.140)