Tour de East Java ukir rekor

Jum'at, 26 Juli 2013 - 23:39 WIB
Tour de East Java ukir rekor
Tour de East Java ukir rekor
A A A
Sindonews.com - Ajang balap sepeda internasional Tour de East Java (TdEJ) 2013 dipastikan mencetak rekor baru. Sebab, ada delapan tim asing berstatus tim kontinental dari Divisi III bakal tampil di even yang akan digelar, 4-6 September mendatang.

Ketua Yayasan TdEJ, Sastra Harijanto Tjondrokusumo mengatakan total ada 14 tim asing yang akan beralaga di di event resmi yang sudah tercatat di kalender Union Cycliste Internationale (UCI) ini, "Yang menjadi catatan ini even paling banyak diikuti klub kontinental (profesional) sebelumnya paling banyak hanya enam, ini rekor tersendiri," ucapnya.

Delapan tim itu adalah, Tabriz Petrochemical Team (Iran), OCBC Cycling Team (Singapura), CCN Cycling Team (Brunei Darussalam), Trenggganu Cycling Team (Malaysia), Polygon Sweet Nice (Irlandia), Synergy Baku Cycling Project (Azerbaijan), UKYO Cycling Team (Jepang) dan Aisan Racing Team (Jepang).

Selain diikuti empat tim kontinental, balapan TdEJ 2013 juga menjadi ajang unjuk gigi bagi empat tim nasional (timnas). Mereka adalah, Bahrain National Team, Brunei Darussalam National Team, Malaysia National Team dan Chinese Taipei Cycling Team. "Untuk tim asing sudah pasti total 14 tim, " ucapnya.

Ditambahkan Harijanto, penyelenggaraan 2013 ini lebih tertata karena dua bulan sebelum penyelanggaran tim asing sudah melakukan pendaftaraan. "Dulu sampai menit akhir pun kita masih menunggu kepastian dari mereka. Sekarang, dua bulan sebelum penyelenggaraan, tim-tim sudah memastikan kehadiran. Bahkan sudah mengirimkan nama," lanjutnya.

Sedangkan dua tim asing lainya adalah klub biasa, yakni Erbil Cycling Team (Iraq) dan Dome Coffees Australia Cycling Team (Australia). "Dua tim ini baru ikut pertama kali di TdEJ, Untuk tim lokal. Kami belum menentukan, yang sudah pasti 14 tim dari luar negeri. Sesuai dengan tujuan even ini salah satunya mengenakal potensi wisata di Jawa Timur, " ujarnya

Meski fokus tim asing, namun pantia tetap memberikan ruang kepada klub lokal. Namun slot yang disediakan tidak lebih tiga tim. "Kita sediakan tidak lebih dari tiga tim. Kalau Timnas Indonesia juga mau ikut kami persilahkan, kita terbuka untuk siapa saja, " tandasnya.

Sementara, TdEJ edisi kali ini akan menyuguhkan tiga etape, tanpa nomor kriterium. Salah satunya akan finish di kawasan Tosari, Gunung Bromo. "Besok, kita akan kembali melakukan survei rute. Sebelumnya sudah kita lakukan, " ucapnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5493 seconds (0.1#10.140)