Tanpa Klinsmann, Amerika Serikat juara Piala Emas

Senin, 29 Juli 2013 - 09:45 WIB
Tanpa Klinsmann, Amerika Serikat juara Piala Emas
Tanpa Klinsmann, Amerika Serikat juara Piala Emas
A A A
Sindonews.com – Tanpa didampingi pelatih Jurgen Klinsmann yang terkena skors, Amerika Serikat berhasil merebut kembali Piala Emas Concacaf setelah mengalahkan Panama dengan skor tipis 1-0 di Stadion Soldier Field, Chicago, Minggu (28/7/2013) waktu setempat.

Gelar ini menjadi yang pertama bagi Amerika Serikat sejak 2007 atau yang kelima sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen.

“Mereka pantas mendapat penghargaan atas konsistensi dan penampilan fokus selama empat pekan turnamen ini digelar,” ujar Klinsmann.

“Mereka layak juara. Sejauh ini tim terbaik di turnamen ini adalah Amerika Serikat.”
Amerika tampil dominan di laga tersebut. Sayangnya pertandingan berjalan kurang menarik karena permainan bertahan yang diterapkan Panama. Amerika mendapat ujian ketika kehilangan gelandang Stuart Holden pada menit ke-19 karena mengalami cedera lutut. Babak pertama ditutup dengan skor imbang tanpa gol.

Perubahan strategi dilakukan Amerika di babak kedua. Asisten pelatih Andreas Herzog memasukkan Brek Shea pada menit ke-55. Keputusannya itu terbukti manjur setelah berselang 42 detik kemudian, Shea berhasil mencetak gol kemenangan Amerika.

Umpan silang Alejandro Bedoya yang gagal disambut Landon Donovan berhasil dimanfaatkan Shea dari tiang jauh dengan mencocor bola dengan mudah ke dalam gawang Panama. Kiper Panama Jaime Penedo yang sudah mati langkah tak berkutik dibuatnya.

Keunggulan 1-0 Amerika membuat Panama mulai bermain terbuka dan menyerang. Perubahan itu membuat Amerika memiliki dua peluang melalui Kyle Beckerman dan Mix Diskerud. Sayangnya sampai peluit panjang berbunyi tidak ada gol lain yang tercipta sehingga Amerika memastikan kemenangan 1-0.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1426 seconds (0.1#10.140)