Kick-off alami penundaan, PSM turunkan tensi latihan

Senin, 26 Agustus 2013 - 20:02 WIB
Kick-off alami penundaan, PSM turunkan tensi latihan
Kick-off alami penundaan, PSM turunkan tensi latihan
A A A
Sindonews.com - Penundaan kick-off putaran kedua kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim ini, membuat skuad PSM Makassar menurunkan tensi latihan persiapan. Langkah itu dilakukan tim pelatih agar Pasukan Ramang tetap dalam kondisi maksimal saat mengarungi laga perdana putaran kedua IPL pada 4 September mendatang.

Padahal sebelumnya, karateker pelatih kepala PSM Imran Amirullah menggenjot Andi Oddang dkk untuk menjalani laga yang sebelumnya dijadwalkan pada 25 Agustus lalu. Klub tertua di Indonesia ini, memang harus lolos di empat besar klasemen akhir IPL.

Itu sebagai syarat mutlak bagi tim yang berjuluk Laskar Ayam Jantan dari Timur untuk bisa berkompetisi di liga kasta tertinggi di Indonesia pada unifikasi Januari 2014 mendatang, karena sebelumnya klub ini sudah diputihkan sanksinya. Apalagi saat ini Pasukan Ramang masih berada pada posisi keenam alias belum aman.

Imran Amirullah, pelatih sementara PSM yang dikonfirmasi terkait porsi latihan yang diberikan pada Andi Oddang dkk, pasca diundurnya kick-off putaran kedua, mengatakan, memang dirinya sudah tidak terlalu memforsir penggenjotan stamina anak asuhnya seperti yang dilakukan setelah libur resmi yang diberikan oleh manajemen. "Kurang lebihnya seperti itu (menurunkan tensi latihan), tapi kalo bisa ada progres peningkatan," kata dia.

Sejak tanggal 14 Agustus lalu, para punggawa Juku Eja terus digenjot untuk menstabilkan stamina mereka untuk melakoni putaran kedua nantinya. Bahkan, tim pelatih memberikan dua laga uji coba melawan klub amatir sebelum laga perdana melawan Persibo Bojonegoro. Pada laga uji coba tersebut, Imran mendapatkan cela tim yakni kekompakan serta ketajaman lini depan, hingga sekarang sementara terus dibenahi pada latihan rutin yang dilakukan.

Meski demikian, mantan pelatih under 21 PSM Makassar ini juga mengatakan, dirinya akan mematangkan seluruh persiapan tim, apalagi dengan keputusan penyelenggara IPL mengundur jadwal yang juga menuai kekecewaan beberapa pihak termasuk PSM. "Sebelum masuk kompetisi baik kondisi fisik, mental juga taktik dan strategi bisa dimaksimalkan," paparnya.

Sementara itu, Aswar Syamsuddin, pemain belakang PSM yang dikonfirmasi mengatakan, memang belakangan ini pelatihnya sudah tidak terlalu memporsir stamina para pemain saat latihan. "Iya, sudah tidak terlalu lagi, mungkin besok pagi (hari ini) kembali latihan fisik," kata pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini.

Meski demikian, pemain bernomor punggun 21 tersebut juga mengatakan, memang sebelumnya para pemain diporsir terus stamina untuk latihan fisik, apalagi karena sebelumnya jadwal pertandingan dekat. "Sekarang Tergantung kalau pertandingan masih lama, porsi latihan pasti di tambah lagi, karena kita tidak boleh latihan keras kalau pertandingan sudah dekat," paprnya.

Jika sesuai jadwal terbaru IPL yang dirilis ke seluruh klub perserta, Pasukan Ramang akan berhadapan dengan Persibo bojonegoro yang juga klub asal Jawa Timur ini, pada (04/09) mendatang. Setelah itu, tiga hari selanjutnya, Andi Oddang dkk akan menjamu Persepar Palangkaraya di stadion Andi Mattalatta.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8246 seconds (0.1#10.140)