Bermain luar biasa jadi kunci bekuk Persipura

Kamis, 29 Agustus 2013 - 14:28 WIB
Bermain luar biasa jadi...
Bermain luar biasa jadi kunci bekuk Persipura
A A A
Sindonews.com - Persela Lamongan bakal menghadapi tim terhebat di pentas Indonesia Super League (ISL) musim ini, yakni Persipura Jayapura. Secara berbagai aspek, Persela diprediksi sulit untuk bisa mengangkangi Persipura pada pertemuan di Stadion Surajaya, Minggu (1/9).

Namun, Persela tidak semata-mata melihat perbedaan kualitas pemain sekaligus posisi di klasemen saat menghadapi Persipura. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir masih percaya permainan bagus yang memadukan konsentrasi dan disiplin tinggi bakal bisa menjadi senjata ampuh.

Ya, pelatih caretaker Persela Didik Ludiyanto menekankan timnya untuk ekstradisiplin dalam mengawasi pergerakan pemain Mutiara Hitam. Itu sangat beralasan karena calon lawan memiliki pemain dengan determinasi tinggi, sebut saja Boaz Solossa, Zah Rahan, Ian Louis Kabes dan beberapa pemain lain.

Kombinasi skill dan kecepatan terbukti menjadikan Persipura tim paling konsisten sepanjang musim ini. ''Syarat untuk memenangkan pertandingan lawan Persipura ya main luar biasa. Meminimalisasi kesalahan, disiplin dan konsentrasi penuh. Saya optimistis Persela bisa,” cetus Didik Ludiyanto.

Ketika Didik meminta pertahanan untuk disiplin mengantisipasi manuver Persipura, dia juga meminta lini depan konsentrasi dalam pemanfaatan peluang. Disadarinya, bertahan dan mencetak gol menjadi pekerjaan yang sama sulitnya menghadapi tim sesolid Persipura Jayapura,

Dalam simulasi strategi saat ujicoba lawan SSB Pantura dan Tim PON Jatim, Didik melihat sudah ada keseimbangan antara disiplin dan konsentrasi. Namun dirinya masih ingin melihat Gustavo Lopez dkk meningkatkan performa karena lawan beda kelas dengan dua lawan ujicoba tersebut.

Sisi keuntungan Persela adalah bermain di Stadion Surajaya. Setelah sekian lama tidak bermain di kandang sendiri karena proses renovasi, tim Biru Laut akhirnya bisa merasakan dukungan langsung ribuan LA Mania yang dipastikan bakal menyesaki stadion.

''Kami jelas senang bisa bermain lagi di Surajaya. Terpenting adalah dukungan suporter secara langsung dan tim akan berusaha keras menjawab ekspektasi mereka. Lawan Persipura, kami membutuhkan segala hal positif agar bisa memenangkan pertandingan,” papar pelatih yang meneruskan tugas Gomes de Oliviera ini.

Kendati Persipura sudah mengunci gelar musim ini dan bakal tak didampingi Pelatih Jacksen F Tiago, Persela tidak bisa memandang mereka bakal turun tensi. Sebaliknya, tim kebanggaan Jayapura justru menargetkan angka penuh alias enam angka ketika tur Jawa Timur kontra Persela Lamongan dan Persepam Madura United.

''Persipura akan bermain profesional dan tetap menargetkan kemenangan. Gelar juara tidak akan membuat tim mengendurkan performa. Sepulang dari Jawa Timur, rencananya akan ada penyambutan tim dan tentunya kami ingin memperoleh hasil terbaik lawan Persela dan Persepam,” begitu pesan Jacksen yang pulang ke Brasil.

Mungkin Persipura bakal memberikan kesempatan kepada pemain-pemain mudanya untuk bertarung di pertandingan lawan Persela. Tapi tetap saja Mutiara Hitam menjadi kekuatan menakutkan karena skuad muda seperti Lukas Mandowen juga tidak jauh kualitasnya dengan pemain senior.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)