Ayo, Garuda Jaya cakar Laos!

Senin, 07 Oktober 2013 - 23:00 WIB
Ayo, Garuda Jaya cakar Laos!
Ayo, Garuda Jaya cakar Laos!
A A A
Sindonews.com - Perjuangan tim nasional (timnas) Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala AFC U-19 Grup G dimulai. Selasa malam (8/10), Evan Dimas dkk ditantang Laos di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Tidak hanya poin penuh yang jadi incaran. Akan tetapi, bisa menang dengan jumlah gol besar.

Target lolos dari Kualifikasi Piala AFC U-19 Grup G, selain Laos timnas U-19 akan dihadapkan dengan Filipina dan juara bertahan Piala AFC U-19 Korea Selatan (Korsel). Melihat persaiangan di Grup G, memang hanya Laos dan Flipina yang levelnya masih ada di dekat Evan Dimas dkk.

Bisa mencuri banyak gol dari Thim Xad, julukan timnas Laos, dan Filipina, menjadi sangat penting untuk bisa lolos dari persaiangan Grup G. Karena untuk bisa lolos ke putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar 2014, selain wajib keluar sebagai juara grup, Timnas U-19 harus masuk dalam enam runner-up terbaik.

Melihat ketentuan tersebut, tidak hanya tiga poin dari Laos yang wajib diamankan. Akan tetapi bisa menang dengan jumlah gol yang begitu besar, jadi incaran Evan Dimas dkk untuk mengamakan peluang. Karena memang dengan jumlah gol besar dari Laos, bisa sedikit mengamankan persaiangan di Grup G.

''Seperti biasa, pertandingan pertama menjadi sangatlah menentukan langkah kami selanjutnya. Kami akan main secara terfokus dan yang terpenting kami harus bisa memenangkan pertandingan pertama,” ungka Indra.

Menjalani laga perdana di Kualifikasi Piala AFC U-19, modal berharga dimiliki timnas U-19. Yaitu setelah baru saja keluar sebagai Piala AFF U-19. Gelar tesebut, menjadi trofi perdana yang kembali direngkuh setelah dua dekade. Adapun prestasi terakhir yang didapat, meraih medali emas di SEA Games 1991, Manila, Filipina.

''Sebelum berlaga di ajang Piala AFC U-19, kami sebenarnya memiliki modal yang bagus. Momentum setelah juara di Piala AFF U-19 dan ditambah 15 hari persiapan yang kami lalu, saya merasa sudah cukup sebagai modal menghadapi event ini,” papar mantan pelatih PPS Padang tersebut.

Indra pun menambahkan, jika anak-anak asuhnya dalam motivasi tinggi jelang laga perdana Grup G. Apalagi akan berlaga di SUGBK, venue yang menjadi idaman setiap pesepakbola Indonesia bisa berlaga. Dukungan besar dari masyarakat Indonesia saat berlaga di SUGBK, sangat diharapkan Indra.

''100 persen, anak-anak menyampaikan cita-citanya bisa berlaga di SUGBK. Mereka sangat enjoy main di SUGBK, tidak ada masalah soal mental yang katanya akan menjadi masalah. Karena saat bermain di Sidoarjo pun, kami juga mendapat dukungan yang begitu besar,” papar Indra.

Laos juga tidak mau dipandang sebelah mata dalam pertandingan tersebut. Apalagi, setelah tampil lumayan diajang Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu. Dengan skuad yang hampir sama, tim kepelatihan Thim Xad yakin dengan peluang anak-anak asuhnya dipersaingan Grup G.

''Dua minggu lalu, kami baru berlaga di Piala AFF. Kami kira semua persiapan sudah berjalan lebih bagus, jelang laga kami di Kualifikasi Piala AFC U-19. Skuad yang kami bawa saat ini, hanya tiga pemain yang tidak kami sertakan karena kendala cedera,” papar asisten pelatih Laos, Phoutpasong Sengdalavong tersebut.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia (4-3-3) ;
Ravi Murdianto (gk); Putu Gede Juti Antara, Hansamu Yama Pranata, Muhammad Sahrul Kurniawan; Muhammad Faturachman; Evan Dimas, Zulfiandi, Muhammad Hagianto; Maldini, Muchlis Hadi Ning; Ilham Udin Armaiyn

Pelatih ; Indra Sjafri

Laos (4-4-2) ;
Bounpaseuth Niphavong (gk); Kitsana Seang Douangphachan, Khampaseut, Armisay Kettavong, Boun Thavy Sipasong; Xou Xa Na Sihalath, Soukc Hinda Natphasouk, Souksavanh Spmsanith, Sisawad Dalavong; Sonevilay Sihavong, Phithack Kongmathilath

Pelatih ; Chandalaphone Liepvisay
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.9208 seconds (0.1#10.140)