Silahkan klub ISL-IPL pilih pemain timnas U-19

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 15:25 WIB
Silahkan klub ISL-IPL pilih pemain timnas U-19
Silahkan klub ISL-IPL pilih pemain timnas U-19
A A A
Sindonews.com - Evan Dimas dkk dipastikan akan mengikuti pemusatan latihan jangka panjang untuk persiapan tampil di Piala Asia U-19 di Myanmar tahun depan. Itu sempat memunculkan rumor para punggawa tim nasional (timnas) Indonesia U-19 tersebut tak bisa bergabung ke klub. Namun demikian, rumor ini ditepis oleh pelatih Indra Sjafri.

Indra yang baru saja mendapat perpanjangan kontrak, membebaskan para pemainnya untuk memilih atau mencari klub. Menurut Indra, sebagai pelatih dirinya tidak bisa melarang anak asuhnya untuk melakukan hal tersebut.

"Sekarang tim U-19 belum punya klub, kalau mereka mau nyari, Kita, apalagi saya sebagai pelatih tidak ada hak untuk melarang mereka," ujar Indra dalam jumpa pers di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Indra menambahkan, dirinya juga sudah menanyakan kepada para pemain mengenai pilihan untuk mencari klub atau fokus menjalani pelatnas jangka panjang bersama timnas.

Sementara itu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) La Nyalla Mattaliti mengatakan, BTN mendukung penuh program Indra. BTN pun, ditambahkan La Nyalla tidak bisa mengikat para pemain timnas U-19 untuk tidak memiliki klub. Hanya saja, BTN telah meminta kepada PSSI untuk memastikan, klub yang nantinya memiliki para pemain timnas U-19 agar mau melepas mereka jika suatu waktu dipanggil untuk menjalani pelatnas.

Permintaan BTN itu, dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono yang juga hadir dalam jumpa pers. Menurut Joko, serupa dengan BTN, PSSI secara regulasi tidak bisa menghalangi Evan Dimas dkk untuk bergabung dengan klub manapun.

"Interaksi pemain dengan klub, secara regulasi tidak bisa dihalangi. Tetapi itu tidak boleh ganggu pelatnas. PSSI akan mengatur harus dipastikan pemain harus dilepas oleh klub itu (jika dipanggil pelatnas)" ujar Jokdri, sapaan akrab Joko Driyono.

"Tidak ada ikatan pemain dengan tim nasional. Status pemain bebas, tetapi PSSI memproteksi program pelatnas," terang Jokdir.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3739 seconds (0.1#10.140)
pixels