Obor Olimpiade keliling luar angkasa

Jum'at, 08 November 2013 - 11:47 WIB
Obor Olimpiade keliling luar angkasa
Obor Olimpiade keliling luar angkasa
A A A
Sindonews.com - Dalam menyambut pesta sejagat Olimpiade 2014, Socci Rusia. Pertama kalinya obor Olimpiade diterbangkan ke luar angkasa. Meski tak dinyalakan untuk keselamatan para awak, ini adalah pertama kalinya obor Olimpiade berkeliling luar angkasa dan akan tiba pada Senin (11/11) mendatang.

Rusia resmi meluncurkan obor Olimpiade ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Kamis (7/11) waktu setempat. Peluncuran roket itu dilaksanakan di Baikonur, Kazakhstan. Presiden Vladimir Putin berharap akan meningkatkan citra Rusia dan menunjukkan apa yang dapat mencapai lebih dari dua dekade setelah Uni Soviet runtuh.

Kurang dari enam jam setelah peluncuran, astronot dari Rusia Mikhail Tyurin, Amerika Rick Mastracchio ke ISS. Mereka langsung memberikan konfirmasinya kepada NASA.

"Ini adalah hari yang luar biasa dan peluncuran yang spektakuler," kata William Gerstenmaier dari NASA kepada Reuters dilansir Mirror, Jumat (8/11/2013).

"Saya mendapatkan hak istimewa memahami apa yang terjadi di balik layar. Ini tidak mudah dan tidak rutin. Hal ini masih sebuah keajaiban bagi saya ketika saya melihatnya," tambahnya.

Sebelumnya api Olimpiade juga pernah dibawa ke luar angkasa sebanyak dua kali, yakni Olimpiade tahun 1996 dan 2000 silam. Akan tetapi, belum pernah meninggalkan ISS. Dijadwalkan, onor Olimpiade ini akan kembali ke bumi pada Senin (11/11) mendatang dengan dibawa oleh Fyodor Yurchikhin, Karen Nyberg, dan Badan Antariksa Eropa Luca Parmitano.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3697 seconds (0.1#10.140)