Wow, Evan Dimas dkk dibayar Rp1 miliar per pemain

Selasa, 12 November 2013 - 03:39 WIB
Wow, Evan Dimas dkk dibayar Rp1 miliar per pemain
Wow, Evan Dimas dkk dibayar Rp1 miliar per pemain
A A A
Sindonews.com - Hati para penggawa Timnas Indonesia U-19 kini bisa tenang. Sebab, masa depan mereka, minimal empat tahun mendatang dipastikan aman.

Pasalnya, seluruh penggawa Timnas sudah mendapatkan klub dalam program "Bapak Asuh" yang digulirkan Badan Tim Nasional (BTN). "Sudah ludes. Klub antusias untuk menjadi bapak angkat bagi pemain Timnas U-19,"ujar Ketua BTN La Nyalla Mattalitti disela-sela melihat TC Timnas U-19, di Agrowisata, Kota Batu, Jawa Timur

Formula "bapak asuh ", ini digulirkan BTN bagi para pemain Timnas U-19 agar para pemain Garuda Muda yang telah mengharumkan nama Indonesia tersebut bisa mendapatkan kesejahteraan yang lebih.

"Program bapak asuh itu niatnya semata-mata untuk membantu para pemain mendapatkan kesejahteraan yang layak. Sehingga tidak bingung dan fokus berlatih," ujarnya.

Apalagi selama menjalani TC para pemain Garuda Muda tersebut hanya mendapatkan uang saku yang nilainya tidak terlalu besar dari PSSI. Nominal dari PSSI yang diberikan kepada para pemain U-19, tidak sebanding dengan prestasinya. "Uang saku anak-anak yang diberikan oleh PSSI jumlahnya kecil. Sepertinya kurang layak untuk para pemain yang telah memberikan prestasi bagus," tutur Nyalla.

Ditambahkan Nyalla, program bapak asuh tersebut direspons positif. Di antaranya Pelita Bandung Raya, Mitra Kukar, Persebaya dan Sriwijaya FC. Bahkan Persebayamengincar sedikitnya lima pemain untuk dijadikan anak asuh, termasuk kapten tim Evan Dimas yang sudah terealisasi, pekan lalu. Selain Evan, Persebaya juga mengicar Muhammad Hargianto, Putu Gede, Ilham Udin Armayns, Hendra Sahrul Gunawan.

Sesuai regulasi BTN, klub yang menjadi bapak asuh minimal harus menyediakan dana Rp1 miliar untuk satu pemain dengan durasi 4 tahun. Proses pembayaran, klub memberikan uang muka Rp250 juta dan sisanya dibayarkan per bulan. "Jadi bila dihitung para pemain rata-rata perbulan bisa mengantongi Rp15 juta," kata Nyalla.

Meski para pemain mendapat bayaran dari klub yang menjadi bapak asuh, namun klub tidak bisa dengan seenaknya menggunakan tenaga para pemain tersebut. Sebab, Evan Dimas dkk masih terikat dengan Timnas. "Jadi pemain bisa berlatih di klub yang telah menjadikan anak asuh asalkan kegiatan di timnas sedang libur," ujarnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6913 seconds (0.1#10.140)