Kemenangan Afsel atas Spanyol tak diakui FIFA

Kamis, 21 November 2013 - 21:56 WIB
Kemenangan Afsel atas Spanyol tak diakui FIFA
Kemenangan Afsel atas Spanyol tak diakui FIFA
A A A
Sindonews.com - Afrika Selatan (Afsel) terancam akan kehilangan poin yang didapatnya setelah mengalahkan Spanyol 1-0 pada laga persahabatan di Johannesburg tengah pekan kemarin. Gol tunggal Bernard Parker cukup bagi skuat asuhan Gordon Igesund untuk mencatatkan kemenangan mengesankan atas juara Dunia dan juara Eropa tersebut.

Tapi pergantian pemain tujuh kali yang dilakukan Vicente del Bosque setelah sudah menggunakan semua kuota pergantian pemain yang disepakati, ketika kiper Victor Valdes mengalami cedera membuat laga ini terancam tak diakui FIFA. Bek kanan Alvaro Arbeloa awalnya menggantikan kiper Barcelona itu, tetapi Spanyol segera mengirim Pepe Reina ke lapangan, meskipun ada protes dari bos Bafana-Bafana -julukan Afrsel-.

FIFA selanjutnya mengumumkan bila kemenangan Afriksa Selatan tidak akan mempengaruhi peringkat mereka. "Sebuah pertandingan antara tim nasional di mana salah satu dari mereka membuat lebih dari enam kali pergantian pemain maka dianggap tidak sah. Laga ini juga tidak dihitung dalam ranking FIFA," ucap juru bicara FIFA seperti dilansir Soccerway, Kamis (21/11/2013).

Sementara itu juru bicara Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan mengatakan tidak setuju dengan keputusan tersebut, dan mereka yakin hasil akhir laga seharusnya tetap di akui. "Sejauh ini saya prihatin, karena dalam laga persahabatan kami belum mendengar tim dihukum karena pelanggaran wasit," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7888 seconds (0.1#10.140)