Renovasi Stadion Gelora Mandiri butuh miliaran

Jum'at, 22 November 2013 - 22:58 WIB
Renovasi Stadion Gelora Mandiri butuh miliaran
Renovasi Stadion Gelora Mandiri butuh miliaran
A A A
Sindonews.com - Anggaran renovasi Stadion Gelora Mandiri Parepare yang bakal menjadi home base PSM, saat lolos verifikasi agar berkompetisi di Indonesia Super League (ISL) musim depan ditaksir membutuhkan hingga miliaran rupiah.

Memang manajemen PT Pagolona Sulawesi Mandiri yang mengelola klub PSM mendaftarkan untuk diverifikasi oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) stadion yang terletak di kota Parepare tersebut, setelah mendapatkan jalan buntu dengan pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) untuk menjadikan stadion Andi Mattalatta yang ada di Makassar jadi home base PSM. Untuk itu, manajemen harus mengeluarkan dana yang lebih banyak.

Ketua pengurus cabang PSSI kota Parepare Rahmat Sjamsu Alam, yang dikonfirmasi mengatakan memang stadion Gelora Mandiri tersebut layak dijadikan home base untuk PSM. Apalagi kata dia di sana selalu dipakai untuk event sepak bola seperti divisi III dan divisi II PSSI. Serta Habibie Cup. "Memang stadion tersebut sudah layak karena sudah diakui oleh PSSI, karena sudah banyak even yang dilakukan di sana," kata dia, Jumat (22/11/2013).

Dirinya juga menjelaskan, untuk membenahi stadion tersebut, tentu manajemen PSM harus mengeluarkan dana yang banyak, karena masih ada beberapa yang harus dibenahi seperti lampu stadion, untuk mengantisipasi pertandingan malam hari. WC stadion dan ruang ganti pemain serta atap VIP. "Jumlahnya pasti mencapai miliaran rupiah," ungkapnya.

Kendati demikian, lanjut anak mantan wali kota Parepare ini, dana bukanlah hal yang harus dipersoalkan, pasalnya memang untuk mencapai hal yang maksimal tidaklah mudah. Apalagi, lanjutnya jika PSM bermarkas di sana tentu banyak hal positif yang didapatkan pemerintah Parepare. "Saya pikir persoalan dana tidak terlalu dipermasalahkan, karena jika PSM ada disana tentu ekonomi daerah akan meningkat. Serta atmosfir sepak bola di Parepare semakin tinggi," ucapnya.

Sementara itu Chief Eksekutif Officer PSM Rully Habibie mengatakan, pihaknya akan mengagendakan kembali untuk bertemu dengan pemerintah Parepare untuk membicarakan kelanjutan kerjasama tersebut. "Untuk dana perbaikan dari stadion ini, tidak dimasukkan dalam RUPS, untuk stadion tersendiri," kata dia saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, dirinya masih belum bisa menaksir berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk merenovasi stadion tersebut, pasalnya pihak kontraktor belum ke sana meninjau lokasi. "Diusahakan pekan depan kontraktornya sudah ke sana awal pekan," jelasnya.

Sementara itu, wakil walikota Parepare, Andi Faisal Sapada mengatakan, pihaknya belum tahu pasti bagaimana model kerjasama dalam hal ini. "Yang jelas kami sangat mendukung jika memang PSM akan menjadikan kota Parepare sebagai home base nantinya," kata dia yang akrab disapa Songko Cellae'
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8367 seconds (0.1#10.140)