KONI & KOI harus stop pertikaian, fokus ke pembinaan !!

Senin, 16 Desember 2013 - 18:18 WIB
KONI & KOI harus stop pertikaian, fokus ke pembinaan !!
KONI & KOI harus stop pertikaian, fokus ke pembinaan !!
A A A
Sindonews.com - Pertikaian tak berujung yang terjadi belakangan ini antara KONI dan KOI diharapkan selesai dan berhenti secepatnya. Hal tersebut terlontar dari mantan Ketua Program Atlet Andalan (PAL) Laksamana TNI (Purn) Achmad Sucipto. Dan kedua lembaga tersebut diharapkan lebih mementingkan pembinaan bagi olahraga Indonesia.

"Stop lah pertikaian, lebih baik bersinergi dan fokus pada pembinaan. Ribut melulu berdampak pada melorotnya prestasi olahraga Indonesia," ucap Sutjipto yang merupakan Ketua Umum PODSI, saat menghadiri pertandingan SEA Games di Ngalike dam, Nay Pyi Taw, Senin (16/12).

Menurut purnawirawan jendral bintang empat angkatan laut ini, Indonesia berat untuk mempertahankan posisi sebagai juara umum pada SEA Games kali ini karena persiapan yang sangat kurang dan ditunjang dengan dana pas-pasan.

"Jangan salahkan cabang-cabang olahraga jika memang perhatian dari pemerintah sendiri sangat kurang. Bagaimana mau juara jika dana saja selalu menjadi kendala?” tanya Sutjipto.

Selain itu pa Cip, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa pembinaan olahraga hendaknya disertakan dengan program sport science. Dia pun mencontohkan prestasi atlet Thailand dan Vietnam, karena program pemusatan latihan yang juga mengedepankan unsur tersebut.

"Jangan harap pembinaan olahraga kita mau maju jaman sekarang ini jika sport science di pandang sebelah mata. Selain itu, pembinaan juga harus berlapis, terutama bagi cabang-cabang olahraga, sehingga mereka bisa menggunakan sistem promosi dan degradasi agar lebih memotivasi para atlet berkompetisi didalamnya dulu, baru berkompetisi pada ajang aslinya," tutup pa Cip.

Sejauh ini cabang olahraga dayung yang ikut pada SEA Games XXVII 2013 di Myanmar, telah menyumbangkan sedikitnya 3 emas dan 2 perunggu.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5419 seconds (0.1#10.140)