Fokus berpolitik, Vitali Klitschko pensiun

Selasa, 17 Desember 2013 - 14:27 WIB
Fokus berpolitik, Vitali Klitschko pensiun
Fokus berpolitik, Vitali Klitschko pensiun
A A A
Sindonews.com - Petinju kelas berat versi WBC, Vitali Klitschko memutuskan untuk pensiun dari ring tinju. Selepas pensiun, dia akan fokus berpolitik dan maju sebagai calon presiden Ukraina.
Vitali resmi menggantung sabuk juara dunia tinju kelas berat versi WBC, Senin (16/12) waktu setempat. Pria berusia 42 tahun itu mengatakan bahwa ia tidak akan lagi terjun ke dunia tinju demi mengejar kursi presiden di negaranya.
Dalam beberapa tahun terakhir, pemain yang memiliki nama panggilan Dr. Ironfist ini memang aktif di dunia politik. Saat ini, Klitschko menjadi pemimpin partai oposisi Ukrainian Democratic Alliance for Reform (UDAR) dan sejak tahun 2012 menjadi salah satu anggota parlemen Ukraina. Bersama partainya dia menuntu adanya pemerintahan yang bebas korupsi, dan memperjuangkan perubahan negara ke sisten demokrasi barat.
Dalam beberapa pekan terakhir, di Ukrainan memang terjadi aksi demonstrasi yang memprotes kebijakan presiden Viktor Yanukovych yang mengurangi kerjasama dengan Uni Eropa dan justru condong ke Rusia.
"Saya ingin berterima kasih kepada WBC dan presiden Don Jose Sulaiman atas dukungan dalam perjuangan kami untuk demokrasi dan kebebasan di Ukraina. Merupakan kehormatan besar bisa menyandang gelar WBC, dan saya melakukannya dengan kebanggaan," kata Vitali seperti diberitakan Mirror.
"Tawaran WBC yang secara teori membuka peluang saya kembali ke ring tinju, adalah sesuatu yang tidak bisa saya bayangkan dalam kondisi seperti ini," lanjut juara dunia tinju pertama yang juga memiliki gelar Doktor itu.
Vitali menggantung sarung tinju dengan rekor 45-2, di mana 41 kemenangan di antaranya didapat dengan KO. Dia menjalani pertarungan terakhirnya pada September 2012 lalu, saat untuk kali ke-10 sukses mempertahankan sabuk juara dengan menghentikan Manuel Charr di ronde keempat.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0681 seconds (0.1#10.140)