Daftar peserta ISL musim depan

Senin, 23 Desember 2013 - 22:52 WIB
Daftar peserta ISL musim...
Daftar peserta ISL musim depan
A A A
Sindonews.com - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menentukan 22 klub peserta Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebelumnya, PSSI melakukan verifikasi dari 21 November hingga 9 Desember 2013 terhadap 25 klub yang mengajukan diri untuk proses verifikasi.

Kendati telah lolos, sembilan klub masih memiliki catatan terkait finansial dan infrastruktur. Klub yang bermasalah di aspek finansial antara lain, Sriwijaya FC, Persela Lamongan, dan Persijap Jepara.

Sementara, Persita Tangerang, Persik Kediri, Perseru Serui, Persiram Raja Ampat, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan dan Persik Kediri bermasalah dalam aspek infrastruktur.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono mengungkapkan, klub-klub yang bermasalah dalam aspek finansial telah menyepakati proposal penyelesaian hutang yang tenggat waktunya akan jatuh pada 15 Januari 2014. Sedangkan, klub-klub yang terkendala di aspek infrastruktur telah mengajukan stadion alternatif atau pindah kandang.

"Persita di Singaperbangsa, Karawang, Perseru Serui akan menempati Stadion Mandala, Jayapura, Persiram akan pidndah ke Maguwoharjo, Sleman. Sedangkan Persiba, Persela dan Persik dalam pantauan PT. Liga Indonesia untuk memperbaiki rumput dan lampu stadion," ujar Joko di kantor PT. Liga Indonesia, Jakarta, Senin (23/12)

Mengenai format kompetisi, PSSI menetapkan ISL musim depan akan memakai format dua wilayah.dan mulai kick off pada 1 Februari 2014. Nantinya, ada empat fase yang harus dilalui klub-klub peserta. Empat fase itu: Fase Grup, Babak delapan besar, Semifinal, dan final.

"Semua fase itu akan menggunakan sistem kandang dan tandang," ujarnya.

Di lain sisi, mengenai klub yang tidak lolos menjadi peserta semisal Pro Duta, Perseman Manokwari, dan Persepar Palangkaraya, Jokdri -sapaan akrab Joko Driyono- mengungkapkan alasannya.

"Dari aspek lisensi mereka belum memenuhi. Jadi tidak ada pertanyaan lagi soal itu. Memang ada proses banding, tetapi itu tidak terkait peserta kompetisi, hanya untuk melengkapi persyaratan sebagai klub profesional," tutupnya.

Berikut 22 klub peserta definitif ISL musim depan.

1. Semen Padang
2. Sriwijaya FC
3. Persita Tangerang.
4. Persija Jakarta
5. Persib Bandung
6. Pelita Bandung Raya
7. Persiba Bantul
8. Persijap Jepara
9. Persik Kediri
10. Persela Lamongan
11. Arema Indonesia
12. Gresik United
13. Persebaya Surabaya
14. Persepam Madura United
15. Persisam Putra Samarinda
16. Persiba Balikpapan
17. Mitra Kukar
18. Barito Putera
19. PSM Makassar
20. Persipura Jayapura
21. Persiram Raja Ampat
22. Perseru Serui
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)