Lini bertahan-finansial, jadi tantangan Persela

Rabu, 29 Januari 2014 - 18:30 WIB
Lini bertahan-finansial, jadi tantangan Persela
Lini bertahan-finansial, jadi tantangan Persela
A A A
Sindonews.com - Persela Lamongan dihadapkan pada dua tantangan jelang musim Indonesia Super League (ISL) 2014, awal bulan depan. Lini bertahan klub berjuluk Laskar Joko Tingkir itu terlihat masih cukup riskan, mengingat Roman Golian tidak memiliki tandem yang selevel dirinya. Taufik Kasrun sering labil di posisi full back, sedangkan Eki Taufik minim jam terbang.

Dua ujicoba lawan Perseba Super dan Persis Solo menggambarkan bahwa benteng Persela terlampau empuk ditembus. Jika barisan pertahanan tidak ada perkembangan signifikan di ISL nanti, Eduard Tjong bakal menemui masalah besar di timnya. Sedangkan lini tengah dan depan relatif bisa menenangkan dengan adanya Lopicic dan Addison Alves.

Sejatinya kekuatan juga masih timpang jika melihat Lopicic berpartner dengan Danu Rosade, sementara Addison berduet dengan Bijahil Chalwa. Namun selama ini kinerja mereka bisa diterima. Dengan berbekal 25 pemain dan tidak ada pemain bintang kecuali kiper Khoirul Huda, Persela membutuhkan keberuntungan sekaligus keajaiban untuk bisa berkibar di wilayah timur.

Jika diasumsikan Persipura, Persebaya dan Mitra Kukar mengkavling tiga besar wilayah timur, maka Persela akan berebut satu tiket delapan besar ISL yang tersisa dengan tujuh tim lainnya. Selain faktor teknis, tantangan yang siap menghadang adalah aspek finansial. Jika klub ini kembali mengulang buruknya keuangan dan membuat gaji pemain tertunggak, maka perjalanan Persela bisa kembali terseok-seok di papan bawah klasemen.

Manajemen mungkin mengatakan keyakinannya bakal tidak ada krisis finansial lagi. Tapi melihat pengalaman musim lalu, keyakinan itu belum bisa dipercaya sepenuhnya. Pada ISL 2012-2013, Persela mengawali dengan percaya diri namun akhirnya gagal melunasi gaji hingga akhir musim hingga membuat pemain penting kabur.

Jika melihat semua aspek tersebut, maka sudah menjadi keajaiban jika Persela bisa menembus delapan besar ISL atau empat besar wilayah timur. Untuk kualitas selevel itu, hasil paling objektif adalah papan tengah atau bisa jadi berjuang di zona merah jika rencana tak berjalan mulus.

Ini Skuat Lengkap Persela Lamongan:


Kiper: Khoirul Huda, Roni Tri Prasnanto

Bek: Taufik Kasrun, Suroso, Roman Golian, Eki Taufik, Bimantara Yuda, Dodok Anang, Burhanudin, Zaenal Abidin.

Tengah: Zaenal Arifin, Serdjan Lopicic, Danu Rosade, Arif Arianto, Catur Pamungkas, Radikal Idealis, Mario Rokhmanto, M Bangkit.

Depan: Bijahil Chalwa, Addison Alves, Rudi Santoso, Agung Suprayogi, Feri Ariawan, Rudi Santoso
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6907 seconds (0.1#10.140)