IOC tanggapi dingin permintaan Korsel

Selasa, 01 April 2014 - 13:18 WIB
IOC tanggapi dingin...
IOC tanggapi dingin permintaan Korsel
A A A
Sindonews.com - Korea Selatan (Korsel) selaku tuan rumah Asian Games 2014 di Incheon, telah meminta bantuan kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mengamankan event empat tahunan tersebut. Pernyataan itu muncul setelah Korsel terlibat perselisihan dengan Korea Utara, Senin (31/3).

Baku tembak antara militer Korea Utara (Korut) dan Korsel pecah di perbatasan maritim yang disengketakan dua negara tersebut. Insiden itu berawal ketika militer Korut dilaporkan menembakan lebih dari 100 peluru ke perairan Korsel. Tak terima dengan aksi itu, Korsel membalas dengan melepaskan sekitar 300 tembakan peluru ke perairan Korut.

Tak ingin event empat tahunan itu terganggu, ketua panitia Asian Games 2014, Kim Young- Soo dikabarkan telah meminta presiden IOC, Thomas Bach, membantu penyelenggaraan tersebut agar berlangsung aman. Itu diketahui saat keduanya bertemu di Kuwait, kemarin.

Permintaan Young-Soo disambut baik Bach. Kendati demikian, dia tidak ingin masalah ini dapat mengganggu jalannya event tersebut. Pasalnya, kehilangan satu negara bisa membuat kompetisi ini kurang menarik.

"Setiap kompetisi akan semakin megah ketika semua anggota bisa berpartisipasi, tak terkecuali Asian Games di Incheon. Sehingga IOC tidak akan berbuat banyak untuk mengatasi permasalahan ini, karena event empat tahunan itu tidak akan lengkap jika ada satu negara yang hilang," kata Bach dilansir Reuters, Selasa (1/4).
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9591 seconds (0.1#10.140)