PSM gamang lakukan tes VO2 max

Sabtu, 05 April 2014 - 05:54 WIB
PSM gamang lakukan tes...
PSM gamang lakukan tes VO2 max
A A A
Sindonews.com - Pelatih fisik PSM Makassar Ahmad Rum Bismar ragu untuk melakukan tes VO2 max (ketahanan tubuh) untuk para pemain. Pasalnya, dalam waktu dekat tim kebanggaan masyarakat Sulsel tersebut bakal menjalani tur ke Papua.

Pasukan Ramang, akan menantang dua klub asal Papua dalam lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) yakni Perseru Serui (14/4) dan Persipura Jayapura (19/4) mendatang. Untuk itu, Tim kepelatihan khawatir jangan sampai para punggawa Juku Eja ini mengalami masalah sebelum bertolak ke bumi Mutiara Hitam.

Apalagi, belakangan para pemain PSM diterpa badai cedera. Padahal persiapan ke Papua tingga 10 hari lagi. Apalagi, di dua laga krusial tersebut, Tim asuhan Rudy William Keltjes diharap bisa meraih hasil maksimal untuk mengamankan posisi di klasemen sementara sebelum paro musim berakhir di Mei mendatang.

Ahmad Rum Bisamar, pelatih fisik PSM mengatakan, saat ini dirinya masih akan berkonsultasi dengan pelatih kepala Rudy William Keltjes soal tes ketahanan Fisik yang akan dilakukannya.''Dalam waktu dekat ini saya ragu gelar tes tersebut karena tim sudah mau berangkat ke Papua. Nanti saya akan bicara sama pelatih,''kata dia.

Dirinya mengungkapkan, mepetnya waktu tersebut, setelah tim melakukan uji coba di Padang. Padahal, dirinya sudah menjadwalkan agenda tes ketahanan tersebut.''Sekarang ini lebih baik kita merawat kondisi para pemain, seperti kebugaran, taktik dan strategi juga dimantapkan,''katanya.

Bahkan dirinya menyarankan, agar tes VO2 max tersebut dilakukan usai menjalani tur ke Papua. Pasalnya, kata dia, setelah tur, tim memiliki waktu beberapa hari lagi melakukan persiapan sebelum menjamu Persebaya Surabaya pada (2/5) mendatang.

''Setelah tur ini, kan masih ada jeda. Jadi bisa saja kita lakukan di jeda tersebut karena kalau sekarang bisa bahaya, takutnya ada pemain yang bermasalah,''jelas Rum yang juga dosen Universitas Negeri Makassar itu.

Memang tes VO2 max tersebut terakhir dilakukan oleh tim kepelatihan sebelum ke Surabaya akhir Januari lalu. Dalam tes tersebut didapatkan beberapa pemain yang masuk kategori bagus ketahanan fisiknya seperti Syamsul Khaeruddin, Ardan Aras, Rasyid Bakri, dan Ponaryo Astaman. Untuk itu, dalam tes selanjutnya dirinya berharap agar para pemain bisa lebih bagus lagi ketimbang sebelumnya.

Sementara itu, Rudy William Keltjes, pelatih kepala PSM mengatakan, memang di dalam skuadnya masih ada beberapa pemain yang belum mampu bermain selama 90 menit. Terkadang kata dia, jika lewat dari ini, konsentrasinya sudah mulai goyah.''Seperti Rahmat, Djayusman dan Abanda, mereka masih sulit bermain 90 menit. Jadi nanti kita akan lihat lagi bagaimana," pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1084 seconds (0.1#10.140)