Ingin kembali dikte UEA

Rabu, 16 April 2014 - 03:32 WIB
Ingin kembali dikte...
Ingin kembali dikte UEA
A A A
Sindonews.com - Hasil gemilang saat melumat Uni Emirat Arab (UEA), 1-4, ingin diulang tim nasional (timnas) U-19 Indonesia. Lanjutkan performa apik jadi misi Garuda Jaya, julukan timnas U-19, saat kembali dijamu UEA di Stadion Tyeyab Awana FA AAE, Dubai, nanti malam.

Empat gol timnas U-19 lewat aksi Ilham Udin Armayn, Evan Dimas, Septian David Maulana, dan ditutup aksi Dimas Drajat, menunjukan superiornya Garuda Jaya dihadapan UEA pada pertemuan pertama, Senin (14/4). Dan dipertemuan kedua, hasil tersebut ingin diulangi bahkan ditingkatkan lagi.

"Kemarin (Senin) salah satu yang menjadi evaluasi kami adalah psikis pemain dalam beradaptasi. Alhamdulillah hal itu sudah bisa teratasi. Mereka langsung perform di menit awal. Kami bersyukur atas hasil yang didapat pada pertemuan pertama dengan," ungkap pelatih timnas U-19, Indra Sjafri, lewat rilis yang diterima SINDO.

Tim besutan Khalifaa Mubarak sendiri bukanlah tim sembarangan. Fakta itu tergambar dalam perjalanan UEA menuju putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar pada Oktober mendatang. Tergabung di Grup B, UEA tampil trengginas dengan tidak sekalipun menelan kekalahan.

Empat laga berhasil disapu bersih UEA saat meladeni Yaman, Yordania, Maladewa, dan Afganistan. Mampu melesakan 14 gol dan hanya dua kali kebobolan, juga jadi sinyal Eyal Zayed, julukan UEA, bukan tim sembarangan. Selain itu, UEA pun berstatus juara Piala Piala AFC U-19 pada tahun 2008.

Indra pun melihat kemenangan telak dari UEA seolah mengangkat motivasi anak-anak asuhnya dalam menjalani masa persiapan. Apalagi di tiga laga uji coba yang telah dilewati Garuda Jaya pada Tur Timur Tengah, timnas U-19 sudah mencatatkan dua kali kemenangan dan sekali kalah. Kalah, 2-1, dari Oman, dan menang dengan skor yang sama juga dari Oman.

"Di UAE sendiri ada tiga atau empat pemain inti mereka yang tidak bermain di laga pertama. Tapi bagi kami bukan jadi soal, karena kami sangat yakin jika semua tim akan lebih baik seiring waktu," papar Indra.

"UAE pun, pastinya akan lebih baik di Oktober nanti (saat putaran final Piala AFC U-19 di gelar). Begitu juga dengan kami. Itulah perlunya uji coba," sambung pelatih berlisensi A-AFC tersebut.

Bagaimana strategi yang akan diturunkan pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Sumatra Barat, tersebut, tentu menarik untuk dinantikan. Apalagi Garuda Jaya sempat melakukan beberapa rotasi di komposisi permainan saat menundukan UEA pada pertemuan pertama kedua tim.

Indra menurunkan Awan Setho diposisi penjaga gawang menggantikan Ravi Murdianto. Lalu memasang Ryuji Utomo Muhamad Sahrul Kurniawan. Dan yang ketiga, mempercayakan Paulo Oktavianus Sitanggang untuk mengisi posisi yang biasa ditempati Zulfiandi pada lini tengah timnas U-19.

Tapi tidak hanya rotasi diketiga pemain tersebut yang membuat penampilan timnas U-19 tampil apik saat menundukan UEA. Indra juga masih memiliki pemain-pemain yang bisa dipercayakan sebagai starter. Nama-nama seperti Dimas, Septian, dan Yabes Roni Malaifani yang biasa turun dari bangku cadangan, bukan tidak mungkin bisa jadikan alternatif.
"Apakah nanti diturunkan lagi di match kedua (beberapa rotasi pemain), tergantung hasil latihan nanti. Dilihat lihat saja. Tetapi komposisi alternatif ini memang cukup bagus," pungkas Indra.

Perakiraan Susunan Pemain ;

UEA U-19 (4-4-2) ;

Jamal Ismaik; Abdullah Ganem, Sultan Abdul Wahab, Ahmed Jamel, Abdulla Al Nubi; Mohamed Abdul Based, Abdul Rahman Jasem, Abdulla Kadem, Abdul Qader Ali; Mohamed Saeed, Rashed Ganem
Pelatih ; Khalifaa Mubarak

Indonesia U-19 (4-3-3) ;

Ravi Murdianto; Putu Gede Juni Antara, Ryuji Utomo, Hansamu Yama Pranata, M. Fatchu Rochman; M. Hargianto, Evan Dimas, Zulfiandi; Septian David, Ilham Udin Armaiyn, Muchlis Hadi Ning
Pelatih ; Indra Sjafri
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5809 seconds (0.1#10.140)