Rio klaim persiapan sudah 38 persen

Jum'at, 16 Mei 2014 - 10:31 WIB
Rio klaim persiapan...
Rio klaim persiapan sudah 38 persen
A A A
Sindomews.com - Panitia Olimpiade 2016 mengklaim semua persiapan menjadi tuan rumah sudah maksimal. Bahkan semua bangunan dan sarana penunjang perhelatan olahraga empat tahunan itu
sudah mencapai 38 persen.

Klaim ini sebagai balasan kritikan pedas yang sebelumnya dilontarkan Komite Olimpiade Internasional (IOC). Mereka yakin dengan sisa waktu yang ada semua kelengkapan sudah siap digunakan.

Lewat sebuah pernyataan resmi yang diberitakan insidethegames, Jumat (16/5), panitia mengatakan dari 29 tempat pertandingan yang permanen, 11 diantaranya sudah beroperasi. Delapan tempat pertandingan masih dalam tahap renovasi serta 10 pertandingan akan dibangun di kota.

Untuk Olympic Park di Barra de Tijuca saat ini tengah dibangun Olympic Hall 1, 2, dan 3 dimana judo, taekwondo, bola tangan dan senam akan dipertandingkan di sana. Tak jauh dari arena tersebut, panitia juga tengah membangun lapangan golf yang sekarang sudah pada tahap pemasangan rumput.

Lagoa Rodrigo de Freitas yang menjadi arena rowing dan canoe sekarang juga tengah dikerjakan. Sementara Flamengo Park di desain untuk cabang atletik dan sepeda nomor jalan raya.

Awal pekan lalu Wakil Presiden Federasi Golf Internasional Ty Votaw khawatir arena pertandingan tidak siap sesuai waktu yang ditentukan. Ia menyaksikan sendiri bagaimana lambannnya pembangunan
di sana.

Kritikan pedas pernah dilontarkan Wakil Presiden IOC John Coates. Menurutnya persiapan Rio menjadi tuan rumah adalah yang terburuk sepanjang sejarah.

"Kami menerima semua kritikan. Tapi, kami telah melakukan kemajuan dalam pembangunan di semua proyek baik itu dari dasar sampai pada tahap akhir,"jelas Direktur Infrastruktur Rio 2016 Alexandre Techima.

Pekerjaan juga telah diselesaikan di arena sepak bola , panahan , atletik dan bola voli di Zona MaracanĂ£ di sebelah utara kota. Tempat lainnya di luar Rio untuk pertandingan sepakbola juga sudah
rampung dikerjakan seperti Salvador , Brasilia , Belo Horizonte dan Sao Paulo .
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)