Neuer, Pewaris Para Legenda

Sabtu, 12 Juli 2014 - 19:01 WIB
Neuer, Pewaris Para Legenda
Neuer, Pewaris Para Legenda
A A A
RIO DE JANEIRO - Gelar juara dunia 2014 akan menempatkan Manuel Neuer sebagai salah satu kiper legendaris Jerman. Tak diragukan lagi, penampilan kiper Bayern Munich ini menjadi aspek penting yang menentukan langkah Jerman hingga partai puncak di Brazil.

Kemampuan Neuer disebut-sebut akan melebihi kiper-kiper legendaris Jerman. Melihat penampilannya dalam lima laga di Piala Dunia 2014, rasanya tak diragukan dia adalah pewaris para legenda kiper Jerman. Malah Neuer dianggap memiliki kemampuan lebih dibanding kiper yang dulunya memiliki nama besar.

Jerman adalah salah satu 'produsen' kiper terbaik di sepanjang sejarah sepak bola, mungkin bisa disejajarkan dengan Italia. Jerman memiliki Sepp Maier, Harald Schumacher, Bodo Illgner, Andreas Koepke, Oliver Kahn, hingga Jens Lehmann. Kini muncul Nauer sebagai penerus para legenda tersebut.

Neuer dipandang memiliki kemampuan extra dan baru terlihat jelas selama di Brasil, yakni kemampuannya sebagai sweeper. Kiper milik Bayern Munich tersebut juga memiliki refleks menakjubkan, salah satu penyelamatan paling fenomenal adalah ketika menggagalkan sepakan Karim Benzema kala kontra Prancis di perempatfinal.

“Tak perlu diperdebatkan, Neuer memiliki potensi menjadi yang terbaik dibanding kiper Jerman sebelumnya. Dia memiliki semua kriteria yang dibutuhkan seorang kiper. Jika Jerman bisa memenangkan pertandingan final, maka Neuer akan menjadi yang terbaik. Generasi penerus idealnya memang lebih baik dibanding pendahulunya,” jelas Jens Lehmann, diwawancarai Bild.

Bakat yang dimiliki Neuer, menurut Lehmann, akan semakin bagus di bawah penanganan Andreas Koepke yang menjadi pelatih kiper tim nasional Jerman. Ilmu yang diberikan Koepke disebutnya sudah lebih dari cukup sebagai modal bagi Neuer untuk menjadi kiper terbaik dunia.

Sanjungan juga datang dari Oliver Kahn, kiper terbaik Jerman di akhir 90-an dan awal 2000-an. Sama dengan Neuer, kiper legendaris bertampang seram tersebut juga menjadi legenda Bayern Munich. “Neuer akan menjadi kiper terbaik dunia. Saya sudah yakin sejak sekarang,” kata Oliver Kahn.

“Dia sekali lagi akan menjadi kunci kekuatan Jerman menghadapi Argentina. Dia memiliki pribadi yang unik, selalu tenang dan bisa mengambil keputusan tepat dalam situasi apa pun,” demikian gambaran tentang Neuer. Oliver Kahn berharap Neuer mencatat prestasi yang disabetnya 12 tahun silam.

Pada Piala Dunia 2002, Kahn menyabet gelar sebagai pemain terbaik di turnamen. Sayang timnya gagal menjadi juara dunia setelah dikalahkan Brasil dengan skor tipis 2-1. Dia optimistis Neuer mendapatkan gelar perorangan di Brasil andai bisa mengalahkan Argentina di partai puncak.

Pengakuan akan kemampuan Neuer bukan hanya datang dari legenda Jerman. Bahkan kiper legenda Italia Dino Zoff mengakui Neuer adalah kiper terbaik saat ini dan sulit tertandingi kiper lain. “Neuer memiliki kualitas, ketenangan, penempatan yang sempurna. Terpenting adalah dia memiliki kemampuan yang tak dimiliki kiper lainnya, yakni sangat bagus menggunakan kakinya,” ujar Zoff.

Kemampuan menggunakan kaki adalah spesialisasi yang tak dimiliki kiper lain di dunia. Setidaknya tidak sesempurna Neuer. Pada masa lampau ada kiper Kolombia Rene Higuita yang sering menunjukkan 'aksi gila' dengan keluar sarang. Tapi Higuita lebih sering membuat blunder karena tingkahnya tersebut.(kukuh setyawan)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6218 seconds (0.1#10.140)