Persebaya Jamu Persela Pakai Skema Anyar

Senin, 18 Agustus 2014 - 09:52 WIB
Persebaya Jamu Persela...
Persebaya Jamu Persela Pakai Skema Anyar
A A A
SURABAYA - Hasil sempurna dalam dua laga tandang mendongkrak kepercayaan diri penggawa Persebaya. Formula baru 3-5-1-2 akan kembali diterapkan saat menjamu musuh bebuyutan, Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Selasa (19/8) besok.

Kendati skema ini baru dirancang Persebaya ketika kompetisi jeda di masa bulan puasa, namun hasilnya lumayan mengembirakan. Dua kemenangan telak di raih di kandang lawan setelah melibas Persiram Raja Ampat 3-0 dan mempermalukan Persiba Bantul 5-0.

"Kemungkinan tidak akan banyak perubahan, pola sama akan kita pakai ketika menjamu Persela, " ujar Pelatih Persebaya Rahmad Darmawan.

Sebelumnya, di putaran pertama Persebaya lebih sering memakai skema empat bek sejajar 4-3-3 dengan kombinasi 4-3-2-1. Komposisi lini belakang selalu diisi kuarter andalan, yaitu, Hasim Kipuw, Ricardo Salampessy, O.K. John dan Alfin Tuasalamony.

Yang tampak perubahan mencolok di dua laga melawan Persiba dan Persiram, kini ada tiga pemain belakang yang setia di depan penjaga gawang Ferry Rotinsulu. Yaitu O.K. John, Ricardo Salampessy, dan Lethusen Manahati.

Keberanian RD mengubah pola mendekati akhir musim ini lantaran melihat potensi pemain belakang bertipikal stopper. Selain ketiga pemain itu, Persebaya masih memiliki pemain lain seperti Ambrizal dan pemain muda Vava Mario Zagalo. "Kalau saya tidak punya materi pemain yang siap, tidak saya mainkan," ucap mantan Pelatih Timnas U-23 ini.

Yang pasti dengan menarik Lethusen ke belakang, berdampak pada dua pemain Alfin dan Hasyim yang lebih leluasa keluar membantu serangan. Hasilnya, Alfin berhasil mencetak satu gol ke gawang Persiram setelah melakukan kerja sama one two dengan striker Emannuel "Pacho" Kenmogne.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0771 seconds (0.1#10.140)