Khushbir Kaur, Bangga Dapat Perak

Minggu, 28 September 2014 - 13:33 WIB
Khushbir Kaur, Bangga Dapat Perak
Khushbir Kaur, Bangga Dapat Perak
A A A
INCHEON - Tidak melulu medali emas adalah prestasi tertinggi di ajang multievent seperti Asian Games 2014 yang tengah digelar di Incheon, Korsel. Menjadi juara dan medali perak pun bisa menjadi prestasi tertinggi dan menjadi catatan sejarah seperti yang dilakukan atlet jalan cepat India, Khushbir Kaur.

Ya, Khushbir baru saja meraih medali perak jalan cepat nomor 20km. Catatan waktu 1:33:07 dalam lomba yang digelar, Minggu (28/9), yang dilansir reuters, bukan torehan sembarangan. Ia menjadi atlet pertama Negeri Sungai Gangga yang berhasil menyabet posisi terhormat itu. Hasil itupun memperbaiki rekor pribadinya yang hanya selisih 30 detik sekaligus rekor nasional.

Atlet yang saat ini berusia 21 tahun itu kelahiran Amritsar kalah bersaing dengan atlet China, Lu Xiuzhi yang mencatat waktu 1:31:06 yang diganjar kepingan emas. Sedangkan perunggu diperoleh Jeon Yeongeun.

Penampilan Khushbir di lomba itu berhasil menjaga konsistensi hingga memasuki jarak 18km. Ia berhasil menyalip Jingjing Nie dan mengambil posisi untuk seterusnya menguntit Xiuzhi sampai garis akhir.

Ini adalah kemenangan terbesar dalam karir Khushbir. Sebelumnya ia pernah mendulang perunggu di Kejuaraan Asia Jalan Cepat di Jepang tahun ini. Prestasinya terus meningkat setelah ia juga pernah menyandang juara ketiga di Kejuaraan Atletik Junior Asia 2012 lalu di Colombo.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6792 seconds (0.1#10.140)