Cho Gwang-hee Pendobrak Cabang Kayak

Selasa, 30 September 2014 - 09:28 WIB
Cho Gwang-hee Pendobrak Cabang Kayak
Cho Gwang-hee Pendobrak Cabang Kayak
A A A
INCHEON - Sebagai tuan rumah, Korsel tentunya menjadikan ajang Asian Games 2014, Incheon sebagai ajang pembuktian. Mereka tidak mau hanya dicap sebagai penyelenggara tersukses, tapi juga membidik sejumlah prestasi yang sebelumnya tidak pernah dibuat.

Di cabang olahraga kayak misalnya. Ternyata selama ini mereka masih penasaran belum pernah mendulang medali emas di nomor 200 meter sprint putra. Setidaknya dalam 24 tahun terakhir, nomor sprint ini selalu milik negara lain.

Namun, Senin (29/9) kemari, mimpi puluhan tahun akhirnya benar-benar terwujud lewat Cho Gwang-hee. Ya, dia menjadi atlet Korsel pertama yang berhasil naik podium dan menyanyikan lagu kebangsaan Aegukga (Cinta untuk Negara). Gwang-hee pendobrak setelah terakhir kali negeri Ginseng mendapatkan emas di Asian games 1990 di Beijing.

Dalam lomba yang digelar di Hanam, Provinsi Gyeonggi, Gwang-hee tampil sebagai juara setelah mencatat waktu 35.464 detik. Medali perak direbut atlet Kazakshtan
Ernest Iranazarov (36.531) dan perunggu direbut Seiji Komatsu dari Jepang (36.754).

Puaskah Gwang-hee dengan torehan ini ? Ternyata tidak. Atlet berusia 30 tahun itu mengaku apa yang diraihnya akan coba ditingkatkan di level yang lebih tinggi lagi. "Saya berharap bisa menjadi atlet Kosel pertama yang meraih medali nomor ini di olimpiade," janjinya seperti dilansir chosun, Selasa (30/9).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5073 seconds (0.1#10.140)