Cabut Larangan Hijab di Basket Hanya Soal Waktu

Kamis, 06 November 2014 - 19:25 WIB
Cabut Larangan Hijab...
Cabut Larangan Hijab di Basket Hanya Soal Waktu
A A A
BANGKOK - Pencabutan larangan hijab di cabang bola basket hanya soal waktu saja. Hal ini terungkap saat pertemuan para delegasi ketua olimpiade negara-negara anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Bangkok.

Presiden Komite Asosiasi Olimpiade Nasional (ANOC) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah menjamin larangan berhijab bagi pebasket wanita akan segera dicabut. Jaminan itu diberikan setelah ia mengadakan pembicaraan dengan Sekjen Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), Patrick Baumann.

Larangan berhijab ini sempat menjadi berita hangat di Asian Games 2014 lalu. Saat itu tim basket putri Qatar diminta melepas penutup aurat sesaat memasuki lapangan pertandingan. Kontan hal ini mengundang protes dan akhirnya Qatar memutuskan cabang basket putri tidak berpartisipasi.

"Ini lebih terkait ke budaya dibandingkan agama. Hijab itu aman buat olah raga sebagaimana FIFA telah membolehkan dan beberapa federasi olah raga lainnya mengizinkan penggunaan hijab ini," ucap Sheikh Ahmad dilansir insidethegames, Kamis (6/11).

"Kami berharap basket juga memperlakukan hal yang sama. Kami telah berdiskusi (dengan FIBA) dan mereka mempunyai pendapat sendiri, kami pun sama. Kami akhirnya mempunyai jalan keluar dan mereka akan mengumumkan bahwa di beberapa pertandingan klub ada yang mengenakan hijab. Setelah ini mereka akan mengevaluasinya. "Saya kira ini hanya masalah waktu dan mekanismenya saja," lanjut Sheikh Ahmad.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0801 seconds (0.1#10.140)