Pernyataan Tomita Dinilai Mengada-ada

Jum'at, 07 November 2014 - 15:35 WIB
Pernyataan Tomita Dinilai...
Pernyataan Tomita Dinilai Mengada-ada
A A A
TOKYO - Pernyataan perenang Naoya Tomita yang mengaku tidak mencuri kamera, dianggap mengada-ada oleh Komite Olimpiade Jepang (JOC). Otoritas olah raga Negeri Matahari Terbit tidak mengerti mengapa Tomita sampai membuat pernyataan seperti itu.

Tomita membuat berita besar saat digelarnya Asian Games 2014 lalu. Atlet berusia 25 tahun itu dituh telah melakukan pencurian kamera milik wartawan Korsel. Alhasil, Tomita harus berurusan dengan polisi. Namun, Kamis (6/11) kemarin, sambil menangis kepada wartawan Tomita mengaku tidak pernah melakukan tindakan melakukan tindakan tersebut.

Ia, dalam pemeriksaan mengaku karena takut dan khawatir persoalan akan panjang jika tidak mengaku. Tomita pun mengatakan takut tidak bisa pulang karena harus berurusan dengan pihak keamanan Korsel. Soal kamera, Tomita menjelaskan jika ada seseorang yang memasukan benda hitam ke tasnya.

Hal inilah yang membuat JOC menilai pernyataan Tomita mengada-ada. "Kalau seseorang memasukan sesuatu ke dalam tas, pertama yang akan dilakukan pastilah memeriksa tas tersebut," ucap Direktur Hubungan Internasional JOC, Yasuhiro Nakamori dikutip channelasia, Jumat (7/11).

"Kalau merasa takut atau punya perasaan mencurigakan lainnya, mengapa tidak melaporkan ke ofisial," lanjut Nakamori.

Nakamori mengungkapkan kalau dalam rekaman yang disaksikan Tomita sendiri dan pejabat JOC jelas terlihat dia memasukan kamera ke dalam tas. Ia pun menolak tudingan pengacara Tomita yang mengatakan kalau kontingen tidak memberikan dukungan.

"Dia mendapatkan dukungan dari ofisial dan staf kedutaan Jepang," jelas Nakamori yang juga menepis jika penerjemah yang diberikan saat pemeriksaan tidak bisa berbahasa Jepang dengan fasih.

"Tomita membuat banyak alasan. Dia sendiri sudah mengaku setelah dilakukan pemeriksaan dan sudah menandatangani berita acara pemeriksaan setelah mengeceknya. Penerjemah mengetahui bahasa hukum dan menjelaskan pada Tomita. Sementara staf JOC juga membantunya, jadi kami heran dengan pernyataannya."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0684 seconds (0.1#10.140)