Malaysia-Singapura Pastikan Ikut Lomba Perahu Naga

Rabu, 19 November 2014 - 03:10 WIB
Malaysia-Singapura Pastikan Ikut Lomba Perahu Naga
Malaysia-Singapura Pastikan Ikut Lomba Perahu Naga
A A A
MAKASSAR - Negara Malaysia dan SIngapura memastikan diri untuk mengikuti lomba perahu naga yang bertajuk Losari Internasional Dragon Boat 2014 di pantai Losari 22-23 November mendatang.

Ketua panitia lomba Perahu Naga Arwan Tjahyadi, mengatakan, untuk saat ini baru dua negara selain Indonesia yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba tersebut. "Dua negara iin sudah komfirmasi keikutsertaannya," kata dia.

Meski demikian Arwan mengatakan, pada ajang tersebut, tidak menutup kemungkinan bakal ada negara yang meramaikan ajang ini. Apalagi saat ini sudah ada 28 tim. "Masih ada beberapa negara yang ditunggu yakni Hongkong dan Australia yang diharap berpartisipasi," katanya.

Dari dalam negeri sendiri, tim dayung yang siap tampil berasal dari berbagai provinsi. Diantaranya, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Tengah dan beberapa daerah di Kalimantan. "Jumlah keseluruhannya mencapai 28 tim termasuk dari luar negeri," ungkapnya.

Untuk kejuaraan ini, tim panitia pelaksana bakal mempertandingkan beberapa nomor, seperti 10 pedayung dan 20 pedayung, masing-masing dengan jarak lintasan 500 meter. Setiap nomor pertandingan meliputi tiga kelompok yakni putra, putri dan campuran.

Sekedar diketahui, Losari International Dragon Boat merupakan agenda tahunan dan telah mengantongi sertifikasi dari International Dragon Boat Federation (IDBF). Event ini sukses terselenggara dalam dua tahun terakhir. Hanya, partisipasi tim asing tahun ini terlihat menurun. Dua kejuaraan sebelumnya diikuti 8-10 negara.

Sementara itu, Pelatih Dayung Sulsel Baso Akbar mengatakan, sejumlah atlet siap ikut serta pada lomba perahu naga. Para atlet daerah akan memperkuat dua tim dayung dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI. "Ini sebagai ajang pemanasan sebelum kejurnas," ujarnya.

Tim dayung Sulsel memang tengah bersiap mengikuti kejurnas di Danau Tanjung Bunga, Makassar, 1-10 Desember nanti. Kontingen Sulsel berencana menurunkan atletnya terbaiknya pada semua kategori yakni dragon boat, canoeing dan rowing. Hingga kini, terdapat sedikitnya 20-an atlet yang terus dipersiapkan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7339 seconds (0.1#10.140)