Sulsel Sikat Papua Barat 6-0

Selasa, 09 Desember 2014 - 02:24 WIB
Sulsel Sikat Papua Barat 6-0
Sulsel Sikat Papua Barat 6-0
A A A
SURABAYA - Tim sepak bola Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil mengalahkan Papua Barat dengan skor 6-0 pada laga perdana di Pekan Olahraga Nasional (PON) remaja I di stadion Institut Teknologi Surabaya (ITS) Surabaya siang tadi.

Enam gol tim asal Sulsel ini disarangkan masing-masing dari Irfan Jaya dimenit 12 dan 52, Ilham Efendi menit 50 Ahmad Zulfikar, menit 72 dan Muh Akram menutup kemenangan tim Sulsel melalui titik pinalti di menit 80 dan selanjutnya di menit 84.

Dominasi tim asuhan Hamid Ahmad sudah terlihat sejak babak pertama, namun tim Papua Barat mampu mengantisipasi seluruh gempuran serangan Irfan Jaya dkk. Turun dengan pola 4-3-3 tim sepak bola Sulsel ini mengandalkan permainan cepat dari sisi sayap. Hingga dimenit 12 Irfan Jaya mampu mencatatkan namanya di papan skor dan membuat Sulsel unggul 1-0.

Gol ini tidak bertambah hingga babak pertama usai. Padahal, skema permainan tim sepak bola Sulsel cukup baik. Namun, pertahanan Papua Barat cukup apik mengawal pergerakan para pemain lini depan tim Sulsel.

Selanjutnya, dibabak kedua, tim kepelatihan sama sekali tidak merubah pola bahkan, mereka turun dengan tim yang sama dan mengandalkan serangan cepat. Hasilnya di menit 52 Irfan kembali menambah gol. Selanjutnya kerja sama yang baik diperlihatkan. Hingga membuat lham Efendi mencatatkan namanya di menit 50.

Selanjutnya, para pemain asal Sulsel tersebut terus menekan. Apalagi Papua Barat sudah kelelahan, hingga Ahmad Zulfikar mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan kerja sama baik dengan Muhammad Akram di menit ke 72. Kemenangan Sulsel bertambah setelah striker tim ini mendapat hadia pinalti. Akram yang jadi algojo sukses memperdaya kiper Papua dimenit 80, dan gol selanjutnya diciptakan di menit 84 sekaligus mengantarkan Sulsel meraih tiga poin.

Pelatih tim sepak bola Sulsel Hamid Ahmad mengatakan, dirinya senang karena anak asuhnya mampu tampil maksimal, setelah menekuk lawannya dengan skor tekal. "Sejak awal pertandingan saya minta kepada seluruh pemain untuk semangat, dan hasilnya bisa terlihat," kata dia usai pertandingan.

Dirinya mengatakan, beberapa menit berjalannya pertandingan dia sudah mengetahui kekuatan lawan, yakni mengandalkan long pass. "Jadi saya sengaja simpan dua bek untuk mengantisipasi, karena pemain mereka cepat," ungkapnya.

Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulsel Danny Irawan mengatakan, pihaknya senang dengan kemenangan Sulsel dengan skor 6-0. "Mudah-mudahan mereka bisa lolos di babak selanjutnya," ungkap Danny yang juga mantan pemain sepak bola ini.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7400 seconds (0.1#10.140)