Perjalanan Karir Steven Gerrard di Liverpool

Jum'at, 02 Januari 2015 - 17:23 WIB
Perjalanan Karir Steven Gerrard di Liverpool
Perjalanan Karir Steven Gerrard di Liverpool
A A A
LIVERPOOL - Steven Gerrard telah menghabiskan sebagian besar karirnya untuk mengabdi pada Liverpool. Di klub itu juga, pemain yang berposisi sebagai gelandang menjelma menjadi sosok pemain handal dan sangat ditakuti lawan.

Kehebatannya mengawal lini tengah Liverpool selaras dengan ketajaman instingnya untuk mencetak gol. Tak ayal, ia kerap menjadi pilihan utama di skuat The Reds. Gerrard pun seakan telah menjadi nyawa permainan tim tersebut.

Sejak memulai debutnya di 1998, pemain asal Inggris itu telah melewati berbagai momen baik suka maupun duka bersama Liverpool. Sederet prestasi juga telah ia torehkan. Kini sang pemain, santer diberitakan akan hengkang dari klub yang telah membesarkan namanya. Sindonews mencoba untuk merangkum perjalanan sang kapten di Anfield.

1. Tahun 1997 Teken Kontrak Bersama Liverpool

Sempat bermain untuk tim lokal, Whiston Juniors. Steven Gerrard yang telah menunjukkan bakatnya dari kecil akhirnya dilirik pencari bakat Liverpool dan diajak bergabung dengan akademi junior the Reds pada tahun 1987, saat itu usianya masih 9 tahun. Setelah potensinya terus terasah, Gerrard kemudian mendapat kontrak senior pertamanya bersama Liverpool pada tanggal 5 November 1997.

2. Debut Pertama di Tahun 1998

Gerrard muda membuat debutnya bersama tim utama Liverpool pada 29 November 1998 kala tim berhadapan dengan Blackburn Rovers. Ia memulai penampilannya dari bangku cadangan sebagai pemain pengganti Veggard Heggem yang cedera. Tak ada yang menyangka bahwa penampilannya itu menjadi awal perjalanan seorang legenda sepak bola, Steven Gerrard.

Kemudian Gerrard memulai debut sebagai starter saat Liverpool melawan Celta Vigo di Piala UEFA tanggal 8 Desember 1998. Kala itu Liverpool kalah 0-1 dari klub asal Spanyol tersebut. Debut tersebut juga menjadi penampilan perdananya di kompetisi Eropa.

3. Kartu Merah Pertama

Kartu merah pertama Gerrard didapat saat melakoni laga melawan Everton pada 27 September 1999. Gerrard yang masuk menggantikan Robbie Fowler di menit 66 mendapat kartu merah karena melanggar pemain Everton, Kevin Campbell di menit ke- 90.

4. Gol Pertama
Steven Gerrard mencetak gol pertamanya di Liverpool pada tanggal 5 Desember 1999 dalam kemenangan atas Sheffield Wednesday dengan skor 4-1.

5. Raih Treble Winners
AAG

Di musim 2000-2001 Gerrard sukses mengantarkan Liverpool merebut treble winners. Dengan ‘mengawinkan’ gelar Piala FA, Piala Liga, dan UEFA Cup. Raihan tersebut menandakan gemilangnya sang pemain.

6.Terpilih Sebagai Kapten Liverpool

Pada 15 Oktober 2003, pelatih Liverpool kala itu, Gerard Houllier membuat keputusan mengejutkan dengan menjadikan Gerrard sebagai kapten untuk menggantikan Sami Hyppia sekaligus menandatangani kesepakatan kontrak empat tahun dengan The Reds.

7. Menyabet Trofi Liga Champions Bersama Liverpool

25 Mei 2005, Ataturk Stadium di kota Istanbul, Turkey menjadi saksi keberhasilan Steven Gerrard mengangkat trofi tertinggi kompetisi antar klub Eropa. Trofi Liga Champions tersebut menjadi pertama bagi Gerrard. Selain itu, laga tersebut juga menjadi salah satu yang dikenang pecinta sepak bola.

AAG

Pasalnya banyak yang menganggap kalau laga itu sebagai Final Liga Champions terbaik sepanjang masa. Saat itu Liverpool tertinggal 3-0 dari AC Milan di babak pertama. Namun, gol Gerrard memicu semangat pemain Liverpool dan akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Liverpool akhirnya keluar sebagai pemenang setelah kedua klub melanjutkan laga ke babak tos-tosan. Liverpool menang dengan skor 3-2 sekaligus meyabet gelar ke-5 dan berhak mengenakan Badge Of Honor di jersey mereka.

8. Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Ketiga Ballon d'Or

Pada tahun 2005, Gerrard dihormati sebagai UEFA Club Player of the Year dan terpilih sebagai pemain terbaik ketiga Ballon d'Or bersama Ronaldinho dan Frank Lampard.

9. Penampilan ke 100 di Liga Champions

Pada 10 Maret 2009, Gerrard membuat penampilan ke -1oo nya di Liga Champions ketika Liverpool mengalahkan Real Madrid 4-0. Dalam laga tersebut Gerrard menyumbang dua gol kemenangan.

10. Januari 2015

Setelah 16 tahun berkostum Liverpool, Steven Gerrard memutuskan untuk menyudahi masa baktinya. Gerrard yang kontraknya berakhir musim ini akan hengkang dari Anfield.

Dengan berbagai kontribusi yang telah diberikan untuk klub, Gerrard memang layak disebut sebagai legenda. Bahkan hingga kini ia tercatat menjadi satu-satunya pesepak bola yang pernah mencetak gol di Final Piala FA, Final Piala Liga, Final Piala UEFA dan Final Liga Champions. Namun sayang, dari sekian banyak kesuksesan yang telah ia berikan untuk liverpool sang kapten belum mampu mengantarkan Liverpool meraih gelar Liga Primer.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7602 seconds (0.1#10.140)