Inilah Karakter Asli Persis Solo

Senin, 16 Maret 2015 - 12:51 WIB
Inilah Karakter Asli Persis Solo
Inilah Karakter Asli Persis Solo
A A A
SOLO - Skuad Persis Solo mulai menemukan karakter permainan asli. Ferry Anto dkk sudah bisa menerjemahkan instruksi pelatih dalam bermain. Ini terlihat saat Laskar Sambernyawa menggelar uji coba dengan Sriwijaya FC baru-baru ini.

Untuk menjadi tim yang sesuai harapan tim pelatih, Persis harus menjalani hingga empat laga uji coba. Pertama dengan PSIS Semarang, baik di kandang maupun tandang. Kemudian Persiba Bantul dan terakhir Sriwijaya FC di Stadion Manahan Solo.

Jika sebelumnya para pemain masih terlihat terburu-buru dan komunikasi sangat lemah, dari uji coba terakhirnya, perlahan kesalahan-kesalahan elementer tersebut bisa kembali diperbaiki. Namun demikian, Pelatih Kepala Aris Budi Sulistyo, tidak mau jemawa. Dia ingin terus mematangkan anak asuhnya sebelum tampil di kompetisi yang sesungguhnya. ''Setidaknya minimal butuh empat kali uji coba, dua di kandang dan dua di luar. Kami ingin mematangkan kerangka yang ada,''kata dia.
Aris mengaku sejak menginjakkan kaki di Sriwedari, dia sudah menginstruksikan kepada anak asuhnya agar tidak memeragakan permainan sepak bola dengan lebih banyak melakukan long pass. Pihaknya ingin Persis ke depan bisa bermain dengan jarak antarlini yang dekat. ''Sejak datang ke Solo, saya ingin lebih mengedepankan pendek-pendek merapat dan sesekali long pass. Inilah karakter Persis dan sudah jalan semua,''kata dia.

Mengenai komposisi pemain, sejauh ini hanya tinggal satu slot di lini depan. Sebab, sejauh ini baru ada tiga pemain yakni Waskito Candra, Ferry Anto dan Indra Gunawan. Saat ini jumlah pemain yang menghuni Persis 26 orang. Dua pemain yang direkomendasikan terakhir adalah Gusrifen Efendi dan Anggo Julian, bekas gelandang bertahan Pelita Bandung Raya (PBR). Keduanya tampil apik saat Persis menggelar laga persahabatan dengan Sriwijaya FC.

''Pengurus juga sudah tahu sendiri performanya. Keduanya cukup sukses dan bisa menggantikan posisi yang ditinggalkan Hari Novan Chaniago dan Diva Tarkas, sehingga mungkin manajemen mengamini dua pemain tersebut,''jelasnya.
Sampai dengan satu pekan ke depan, pemain akan diberikan latihan seimbang. Yakni tiga hari latihan fisik dengan fitnes dan diselingi latihan strength atau kekuatan aktif. Seperti melatih speed dengan lari sprint dengan jarak 30 meter dan 100 meter pada jalan yang menanjak. Latihan tersebut sembari menunggu uji coba selanjutnya, yang direncanakan dengan Persegres Gresik United di Manahan pada Jumat (20/3).

''Sampai sekarang belum ada kabarnya lagi dari Gresik United. Saat ini sedang dikomunikasikan uji coba tim-tim Divisi Utama di wilayah Barat Jateng,''ujar mantan pelatih Persik Kediri itu.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3686 seconds (0.1#10.140)