2 Pemain Tua yang Siap Menari di Euro 2024, Cristiano Ronaldo Catat Rekor

Senin, 10 Juni 2024 - 23:01 WIB
Dia bekerja dengan Ronaldo di MU ketika penyerang Portugal itu pertama kali membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

“Dia baru saja menyiapkan dirinya untuk sukses. Saya katakan empat atau lima tahun lalu, mengetahui betapa profesionalnya Ronaldo, dia bisa bermain hingga usia 40 tahun. Itu tidak masalah,” tuturnya.

Menjelang ulang tahunnya yang ke-40, Ronaldo belum menunjukkan tanda-tanda siap untuk pensiun. Dan kemajuan ilmu olahraga, umur panjang yang dicapai pemain, seperti Ronaldo dan Modric bisa menjadi hal yang biasa.

“Kami telah melihat semacam evolusi dalam profesionalisme dibandingkan dengan evolusi dalam genetika. Bukannya pemainnya tidak profesional (dulu), mereka hanya tidak tahu apa yang tidak mereka ketahui. Ada lebih banyak pengawasan terhadap pemain dalam hal akuntabilitas,” ujar dia.

Perbaikan gaya hidup pemain memperpanjang karier mereka, dengan banyak yang menggunakan jasa ahli kebugaran dan pengondisian untuk memastikan mereka tetap dalam kondisi prima, bahkan selama offseason.

Ryan Giggs misalnya. Dia mengikuti yoga di tahun-tahun terakhirnya untuk membantu memperpanjang kariernya dan memungkinkan dirinya bermain untuk MU hingga dia berusia 40 tahun.

Banyak pemain top juga mengandalkan jasa koki pribadi yang menyajikan makanan sehari-hari yang bergizi seimbang, sekaligus berkualitas restoran.

Rod Thornley, tukang pijat yang pernah bekerja di Manchester United dan Inggris, masih ingat ketika pelatih Italia Fabio Capello mengambil alih The Three Lions.

“Makanan pertama sebelum pertandingan hanyalah semangkuk besar pasta. Tanpa saus, hanya pasta,” kata Thornley kepada AP.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More