Harry Simon Petinju Tak Terkalahkan selama 30 tahun Tapi Dihantui Kekalahan

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 10:28 WIB
Harry menceritakan masa kecilnya: ''Sebagai seorang anak, saya sering menggertak anak-anak lain. Beberapa dari mereka lebih tua dari saya, tetapi saya masih menggertak mereka. Saya tidak memiliki rasa takut. Tidak ada sama sekali. Saya tidak tahu mengapa hal itu terjadi. Saya memiliki 10 saudara dan saya anak terakhir - anak ke-11. Itu adalah masa kecil yang sulit bagi saya karena saya harus tumbuh tanpa ayah. Saya merasakan ketidakhadirannya. Setiap anak laki-laki membutuhkan seorang ayah. Saya tidak dididik dengan baik. Jika ayah saya ada di sana, dia akan mengajari saya untuk tidak menggertak orang lain. Dia akan mengajari saya untuk melakukan hal yang benar. Saya tidak disiplin sama sekali.”

Saat sedang berada di Walvis Bay dan baru saja pergi ke sasana tinju, di mana dia terus menemukan hiburan yang dia butuhkan di masa dewasa dan disiplin yang dia kurang miliki selama masa kecilnya. Dia sekarang berusia 52 tahun. Ia akan bertinju lagi pada tanggal 2 November dalam sebuah ekshibisi di Namibia dan masih mendapatkan hal-hal yang sama seperti yang ia dapatkan dari tinju saat ia tumbuh dewasa.

Baginya, itu masih merupakan rumah yang jauh dari rumah dan tempat perlindungan. Olahraga ini masih mengajarinya pelajaran dan memberinya hadiah yang tidak ia dapatkan saat kecil. “Tinju memberi saya disiplin, seratus persen,” katanya. ''Hal yang sama juga terjadi pada orang lain di Namibia. Di Namibia, tinju sangat populer. Saya bisa saja salah, namun saya akan mengatakan bahwa ini adalah olahraga nomor satu di Namibia. Di sasana hari ini saya berlatih dengan banyak anak. Mungkin ada 60 anak di sasana.”

Ia mengatakan tentang latihannya sendiri: “Saya belum merasa fit, namun saya merasa senang untuk kembali ke dalam ring. Saya akan siap. Saya berlatih setiap hari kecuali hari Minggu. Saya melakukan latihan di pagi hari dan kemudian berlatih tinju di sore hari. Saya tidak pernah berpikir akan bertinju di usia saya sekarang, tidak, tapi saya masih sangat menikmatinya.”

Bagi mereka yang lebih muda, tinju adalah cara untuk belajar, menemukan disiplin, dan menemukan kekuatan. Sebaliknya, bagi Simon, di usianya yang ke-52, sasana lebih mirip dengan mesin waktu, sesuatu yang dapat ia gunakan untuk merasa muda kembali. Tidak hanya itu, tinju, sebagai sebuah disiplin, adalah satu-satunya yang pernah ia kenal, dengan ring sering kali menjadi tempat teraman baginya. “Saya telah menjalani lebih dari 200 pertarungan amatir,” katanya, ”dan kalah mungkin dua atau tiga atau empat kali.”

Dengan tingkat keberhasilan seperti ini, masuk akal jika Simon mengasosiasikan ring dengan kemajuan dan, sebagian besar, kebahagiaan. Sebagai seorang profesional, ring tinju lah yang memberinya uang dan pujian, dan bahkan sebagai seorang amatir, eksploitasinya di dalam ring membuat Simon mewakili Namibia di Olimpiade 1992 di Barcelona.

“Bagi saya, saya tidak ingin berbohong, itu sama sekali bukan pengalaman yang baik,” kenangnya. “Saat itu tahun 1992 dan mereka menggunakan komputer untuk menilai. Banyak orang dapat melihat bahwa anak ini menang, tetapi komputer mengatakan tidak, anak ini kalah. Itu membuat saya marah. Anda sering melihatnya dalam tinju amatir. Hanya karena anak itu berasal dari Inggris Raya atau Amerika, dan ia bertarung melawan seorang pria dari Zimbabwe atau tempat lain di Afrika, mereka mengatakan bahwa mereka menang meskipun sebenarnya tidak. Banyak superstar yang kalah di Olimpiade karena pengaturan skor. Roy Jones kalah melawan orang Korea (Park Si-Hun) di Korea (pada Olimpiade 1988). Juga, Floyd Mayweather kalah (melawan Serafim Todorov pada tahun '96).”

Seperti petinju lainnya, Simon, yang diungguli oleh Aníbal Acevedo pada ronde pertama, ingin kemenangannya terasa seperti kemenangan; seperti halnya kekalahan yang seharusnya terasa seperti kekalahan. Dia ingin pertarungan ditentukan oleh kemampuan fisiknya sendiri, bukan oleh politik atau popularitas. Karena alasan inilah, antara lain, ia menjadi petarung profesional pada tahun 1994.

''Saat itu saya bekerja di bidang olahraga dan rekreasi dan saya harus meninggalkan pekerjaan saya untuk menjadi seorang profesional,” katanya. “Saya harus meninggalkan pekerjaan saya untuk pergi ke Afrika Selatan karena tidak ada tinju profesional di Namibia. Itu sangat sulit. Saya harus mencari tempat tinggal. Saya tidak mengenal siapa pun di Afrika Selatan. Saya harus menunjukkan kepada semua orang di sasana betapa hebatnya saya. Semua orang bertanya, 'Siapa anak itu? Siapa anak itu?' Saya harus membuktikan diri saya di sasana. Itulah yang terjadi. Seiring berjalannya waktu, saya menikmati tinggal di sana. Itu menjadi rumah kedua saya.”

Selama berada di Afrika Selatan, Simon, yang dikenal sebagai “The Terminator,” memenangkan sembilan pertarungan dan hanya satu kali kalah angka. Kemudian, setelah bertinju beberapa kali di Britania Raya, ia mendapat kesempatan untuk meraih gelar kelas menengah junior WBO pada tahun 1998. Pemilik sabuk ini pada saat itu adalah Ronald “Winky” Wright, salah satu petinju paling mahir secara teknis di era modern dan seseorang yang sangat ingin dihindari oleh sebagian besar petinju kelas menengah junior. Ia juga tampil mengesankan di Inggris, mengalahkan petinju-petinju seperti Ensley Bingham, Steve Foster, dan Adrian Dodson, dan tampaknya tidak memiliki masalah untuk berkeliling dunia demi mencari uang dan menghajar lawan-lawannya di berbagai negara. Oleh karena itu, ide untuk pergi ke Afrika Selatan untuk melawan Simon dianggap tidak lebih dari kelanjutan dari sebuah tema bagi Wright.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More