5 Wasit yang Pernah Mengerjai Timnas Indonesia, Ada yang Dapat Ancaman Pembunuhan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 16:06 WIB
Keputusan kontroversial yang dilakukan wasit asal Tajikistan ini adalah memberi Ivar Jenner kartu kuning kedua, meski tayangan ulang pemain tersebut terlihat tidak melakukan pelanggaran apapun.

Selain itu, sang wasit juga memberikan penalti untuk Qatar setelah salah satu pemain mereka diving di kotak penalti. Tidak cukup sampai disitu, Ramadhan Sananta yang baru masuk juga langsung mendapat kartu merah dari wasit.

3. Shaun Evans

Shaun Evans adalah wasit asal Australia yang memimpin laga Indonesia vs Uni Emirat Arab (UEA) di 16 besar Asian Games 2018. Kontroversi terjadi ketika pemain UEA melakukan diving di kotak penalti yang berujung tendangan 12 pas dan membuat kedudukan menjadi 2-1.

Kontroversi berlanjut ketika Evans mengusir asisten pelatih Timnas U-23 Bima Sakti untuk menepi dari lapangan. Kejadian ini berlangsung sesaat setelah Stefano Lilipaly menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

4. Ahmed Al Kaf



Wasit asal Oman yang memimpin laga Bahrain vs Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini sukses membuat Tim Garuda gagal meraih tiga poin di kandang Bahrain.

Satu hal yang sangat kontroversial adalah ketika Ahmed Al Kaff membuat laga yang seharusnya berhenti di 90+6 menjadi selesai di 90+9. Hal tersebut membuat Bahrain berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Selain itu, cukup banyak keputusan kontroversial yang membuat Bahrain sangat mudah mendapat tendangan bebas. Perilaku wasit ke pemain Bahrain juga terlihat sangat bersahabat.

Hal tersebut membuatnya disorot oleh berbagai media. Bahkan media Arab menyoroti ancaman pembunuhan terhadap wasit kontroversial. Ancaman pembunuhan itu datang dari warganet fanatik Tanah Air yang tidak terima dengan kepemimpinan sang pengadil lapangan.

5. Francois Letexier



Timnas Indonesia U-23 sempat memiliki harapan untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024. Sayangnya, impian tersebut pupus setelah mereka menelan kekalahan 0-1 dari Guinea di babak play-off.

Wasit Letexier menjadi sorotan utama setelah memberikan dua penalti yang sangat dipertanyakan. Penalti pertama terjadi akibat pelanggaran yang dilakukan Witan Sulaeman, yang dinilai terjadi di luar kotak penalti. Sementara itu, penalti kedua diberikan meskipun tekel Alfeandra Dewangga dianggap bersih.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More