AFC Menetapkan Persyaratan untuk Lisensi Klub Futsal di Asia

Selasa, 27 Juli 2021 - 17:53 WIB
“Ketentuan lisensi klub dibuat agar seragam dan konsisten, artinya klub futsal di Asia harus punya standar lisensi yang sama dan setara. Manfaatnya adalah agar ekosistem futsal dapat berjalan sesuai dengan regulasi, dan tujuannya agar menjaga hak dan kewajiban para stakeholder futsal, baik itu pemilik klub, ofisial, pemain, management, sarana dan tentunya finansial klub yang sehat” ungkap Rachmad Priyadi.

Vamos FC Mataram, klub futsal dari Indonesia yang 3 kali berturut-turut mengikuti kompetisi AFC Futsal Club Championship, yaitu pada 2017, 2018, dan 2019. Vamos FC mewakili Indonesia sebagai Juara Liga Futsal Profesional di Indonesia. Vamos FC juga memenuhi persyaratan untuk mengikuti ajang tersebut, meskipun belum berbentuk ketentuan lisensi Klub.

Administrator Vamos FC, Agus Sukmayadi menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi klub untuk mengikuti Kompetisi Klub Futsal terbesar di Asia tersebut.

“Untuk mengikuti AFC Futsal Club Championship, setiap tim wajib memenuhi persyaratan seperti susunan manajemen dan ofisial tim, salinan kontrak pemain dan ofisial, home base, lapangan latihan, tim akademi, lisensi pelatih” kata Agus Sukmayadi.

Berikut ini ketentuan di dalam pedoman lisensi bagi klub futsal di Asia yang diterbitkan oleh AFC dan mulai berlaku tahun 2024.

KRITERIA OLAHRAGA

• Klub Pemohon Lisensi menunjuk Pelatih Kepala untuk tim pertamanya, yang memegang setidaknya Sertifikat Pelatihan 'Level 3' AFC.

• Klub Pemohon lisensi memiliki Tim Muda U-18.

• Klub Pemohon Lisensi menunjuk Asisten Pelatih untuk tim pertamanya, yang memegang

setidaknya Sertifikat Pelatihan 'Level 2' AFC.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More