7 Momen Tak Terlupakan di Piala AFF, Salah Satunya Kutukan Indonesia di Final

Rabu, 08 Desember 2021 - 22:09 WIB


Sebagai negara yang besar, Indonesia sangat berambisi memenangi trofi Piala AFF akan tetapi selalu gagal di final. Petaka menghantui sejak Timnas Indonesia lolos ke final pada tahun 2000. Saat itu Uston Nawawi dkk takluk di tangan Thailand dengan skor telak 1-4 di Rajamangala Stadium, Bangkok.

Di edisi berikutnya, tahun 2002, Timnas Indonesia kembali berjumpa Thailand di partai final. Sayang, Merah Putih gagal menuntaskan dendam meski laga digelar di Stadion Gelora Bung Karno. Saat itu Yaris Riyadi dkk takluk lewat drama adu penalti.

Pada edisi tahun 2004, Timnas Indonesia kembali melesat ke final setelah menyingkirkan Malaysia di babak empat besar. Namun lagi-lagi Merah Putih gagal membawa pulang gelar. Bermain dengan sistem dua leg di laga puncak, Ilham Jaya Kesuma dkk takluk melawan Singapura dengan agregat 2-5. Kekalahan ini menegaskan Indonesia sebagai spesialis runner up karena gagal di final dalam tiga edisi berturut-turut.

Timnas Indonesia kembali lolos ke babak final pada Piala AFF 2010. Namun, seperti sebuah kutukan, Merah Putih kembali menemui kegagalan. Saat itu Indonesia kalah dengan agregat 2-4 melawan musuh bebuyutan, Malaysia. Di leg pertama, Indonesia menelan kekalahan 0-3 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, setelah pemain diganggu serangan laser dari suporter Malaysia.

Untuk kali kelima, Timnas Indonesia mencapai final Piala AFF di edisi 2016. Namun, lagi-lagi Merah Putih harus menelan hasil mengecewakan setelah takluk dengan agregat 2-3 di tangan Thailand. Hasil ini bukan cuma menandai kutukan Indonesia di final Piala AFF, melainkan pula menegaskan dominasi Thailand di ajang ini.

3. Dominasi Thailand



Thailand mendominasi Piala AFF sejak edisi pertama tahun 1996. Sejak saat itu skuad Gajah Perang telah mengoleksi lima gelar masing-masing pada edisi 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016. Thailand juga tiga kali menjadi runner up (2007, 2008, 2012) yang membuat mereka didapuk sebagai tim tersukses dalam sejarah Piala AFF.

4. Sepak Bola Vietnam Pasca-perang
Halaman :